Ada Apa dengan TransJakarta?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 08:16 WIB
Bus Transjakarta menabrak separator busway di daerah Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (3/12). Kecelakaan itu mengakibatkan bagian depan bus Transjakarta rusak.
Bus TransJ tabrak separator busway di Jl Sudirman. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Bus TransJakarta terlibat kecelakaan selama beberapa hari terakhir ini menimbulkan pertanyaan. Ada apa dengan TransJakarta? Sehari kemarin saja, ada dua kecelakaan melibatkan bus TransJakarta.

Memang tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun kecelakaan ini mengakibatkan kerusakan pada kendaraan sehingga menimbulkan kerugian materi.

DPRD DKI sampai menggelar rapat dengan direksi TransJakarta dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI karena rentetan kecelakaan ini. Catatan Dishub data kecelakaan yang melibatkan TransJakarta selama 4 bulan terakhir ini cukup mengejutkan.


Dua Kecelakaan Terbaru

Kecelakaan melibatkan bus TransJakarta kembali terjadi pada Senin (6/12) kemarin. Sebuah bus TransJakarta menabrak tembok di Halte Puri beta, Ciledug, Kota Tangerang, karena sopir lupa tarik rem tangan.

"Pada saat kendaraan bus TransJakarta berhenti di depan halte, pengemudi turun dan pengemudi saat itu ingin buang air kecil lupa tidak direm tangan, kemudian kendaraan bus jalan sendiri dan menabrak pagar," kata Dhanar saat dimintai konfirmasi, Senin (6/12/2021).

Tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka akibat kejadian itu. Atas kejadian ini, kaca bagian depan bus TransJakarta retak dan bumper rusak.

Pada Senin (6/12) dini hari, bus TransJakarta terlibat kecelakaan di Pramuka, Jakarta Timur. Bus TransJakarta menabrak separator setelah menghindari truk mixer yang tiba-tiba pindah jalur.

"Jadi ceritanya si truk mixer itu tiba-tiba pindah jalur dari kiri ke kanan. Nah, terus TransJakarta menghindar dan tabrak separator itu," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dihubungi, Senin (6/12/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam kasus ini. Argo menyebutkan kasus kecelakaan ini tidak dilaporkan ke polisi karena pihak TransJakarta dan truk mixer berdamai.

"Kita memberikan masukan kalau ada peristiwa kecelakaan harus tetap dilaporkan. Begitu kecelakaan buru-buru diberesi. Jadi tidak ada laporan," ujar Argo.


Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Saksikan Video 'TransJakarta Setop Operasi Dua Armada Operator Buntut Kecelakaan':

[Gambas:Video 20detik]