Banjir Rob Rendam Permukiman di Pesisir Pandeglang, 837 Warga Mengungsi

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 01:28 WIB
Ratusan warga di pesisir Pandeglang mengungsi usai permukimannya terendam banjir rob
Warga di pesisir Pandeglang mengungsi usai permukimannya terendam banjir rob (Foto: dok. istimewa)
Pandeglang -

Banjir rob menerjang permukiman warga yang tinggal di wilayah pesisir pantai Kabupaten Pandeglang, Banten, pada Senin (6/12) malam. Imbasnya, rumah-rumah warga terendam banjir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir rob ini menerjang mulai dari wilayah Labuan hingga Kecamatan Panimbang, Pandeglang. Salah satu wilayah yang terdampak yaitu Desa Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang.

"Iyah betul, warga saya banyak yang ngungsi. Banjir mulai naik ke rumah warga," kata Kepala Desa Sidamukti Karsidi saat dikonfirmasi via telepon di Pandeglang, Banten, Senin (6/12/2021).

Karsidi mengatakan warga yang rumahnya terdampak banjir rob sudah diarahkan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman seperti masjid ataupun permukiman lain. Dia mengaku masih mendata jumlah warganya yang terdampak banjir rob.

"Masih kami data, tapi sudah kami laporkan ke pihak kecamatan sama BPBD Pandeglang. Soalnya ada beberapa keperluan yang urgent seperti selimut sama pakaian untuk warga saya yang sedang mengungsi," ucapnya.

Banjir rob juga menggenang di Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Pandeglang. Beberapa warga yang tinggal dekat pesisir pun dilaporkan harus mengungsi ke tempat yang lebih aman hingga air laut surut.

"Pantauan saya tadi sementara ada beberapa pemukiman warga di dua kampung yang parah kena banjir rob-nya. Mereka ada yang mengungsi, sambil nunggu air lautnya surut lagi," ujar Kepala Desa Citeureup Oman Suherman.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: