Polisi Sebut Kecepatan Kendaraan Meningkat di Hari Kedua Uji Coba Gage Depok

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 06 Des 2021 16:47 WIB
Hari Kedua Uji Coba Gage di Jl Margonda Raya Depok, Lalin Macet
Ilustrasi uji coba ganjil-genap di Jl Margonda Raya, Depok. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Uji coba ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, Depok, berlangsung selama dua hari pada Sabtu (4/12/2021) dan Minggu (5/12). Dari dua hari uji coba ini polisi menyebutkan adanya peningkatan kinerja lalu lintas.

"Kinerja kecepatan rata-rata pada ruas jalan uji coba gage pada hari Minggu, 5 Desember 2021, meningkat dari semula 24,10 km/jam menjadi 27,15 km/jam jika dibandingkan hari Sabtu, 4 Desember 2021," ujar Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra saat dihubungi, Senin (6/12).

Jhoni mengatakan waktu tempuh kendaraan juga mengalami perpendekan. Artinya, waktu tempuh yang semula lebih lama kini lebih pendek 1 menit dibanding uji coba di hari pertama.

"Waktu tempuh pada hari Minggu, 5 Desember 2021, di ruas jalan uji coba gage mengalami perbaikan dari semula 5,54 menit menjadi 4,69 menit jika dibandingkan hari Sabtu 4 Desember 2021," tuturnya.

Imbas penerapan ganjil-genap ini, Jhoni mengakui berdampak terhadap arus lalu lintas di jalur alternatif. Sebab, adanya antrean kendaraan yang memasuki kawasan ganjil-genap.

"Panjang antrean di ruas jalan uji coba gage mengalami sedikit perburukan panjang antrean dari semula 238 meter menjadi 270 meter," ucap Jhoni.

"Terjadi antrean kendaraan di beberapa check point seperti depan Terminal Margonda, on/off ramp Tol Juanda, flyover UI dari arah Jalan Komjen Pol M Yasin pada sore hari, dan Jalan Lenteng Agung Raya pada sore hari," imbuhnya.

Sebelumnya, uji coba ganjil-genap (gage) di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, diberlakukan Sabtu (4/12) dan Minggu (5/12) kemarin. Ganjil-genap di Jl Margonda Raya akan dilanjutkan akhir pekan depan.

"Untuk Sabtu-Minggu ke depan (ganjil-genap) tetap berlaku," ujar Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra saat dimintai konfirmasi, Senin (6/12).

(drg/mea)