ADVERTISEMENT

Usai Uji Coba 2 Hari, Ganjil Genap Depok Dilanjut Akhir Pekan Depan

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 06 Des 2021 14:03 WIB
Situasi lalu lintas di Jalan Margonda, Depok, Sabtu (4/12/2021) sore saat pemberlakuan uji coba ganjil genap.
Ilustrasi ganjil genap di Jl Margonda, Depok (Foto: Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

Uji coba ganjil-genap (gage) di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat diberlakukan Sabtu (4/12) dan Minggu (5/12) kemarin. Ganjil genap di Jl Margonda Raya akan dilanjutkan akhir pekan depan.

"Untuk Sabtu-Minggu ke depan (ganjil genap) tetap berlaku," ujar Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra saat dimintai konfirmasi, Senin (6/12/2021).

Jhoni mengungkapkan hasil evaluasi ganjil genap di Jl Margonda Raya selama dua hari itu. Menurutnya, volume kendaraan di lokasi mengalami penurunan.

"Ada penurunan," ucapnya.

Sebelumnya, uji coba gage di Jalan Margonda Raya telah dilakukan selama dua hari. Pengendara dinilai mulai mematuhi aturan ganjil-genap.

Dari pantauan detikcom pada Minggu (5/12), lalu lintas di Jalan Raya Margonda ramai lancar. Kepala Dishub Kota Depok Eko Herwiyanto mengatakan pelaksanaan ganjil-genap di hari kedua lebih kondusif dibanding hari pertama.

"Kalau kita saksikan di hari ini dengan kemarin di jam yang sama, kalau saya melihat hari ini lebih kondusif ini dibandingkan dengan hari kemarin di titik ini ya," ujarnya.

Eko mengatakan di hari pertama memang sewajarnya jika banyak yang belum paham akan aturan ganjil genap. Namun, untuk hari kedua, Eko menyebut pengendara sudah mulai memahami aturan tersebut.

"Hari pertama itu praktis banyak orang yang belum paham ada ganjil genap. Masih banyak mobil plat ganjil yang ke kiri (padahal harusnya lurus). Ini hari kedua yang ganjil sudah mulai di kanan," katanya.

(drg/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT