Anak Buah Anies Panggil Kontraktor Sumur Resapan Asal-asalan di Lebak Bulus

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 21:22 WIB
Kadis SDA DKI Yusmada Faizal
Yusmada Faizal (Foto: Ilman/detikcom)
Jakarta -

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal memanggil kontraktor yang membangun sumur resapan di Jalan Lebak Bulus III, Cilandak, Jakarta Selatan. Pemanggilan dilakukan buntut dari proyek sumur resapan yang menyebabkan kerusakan jalan.

"Saya selaku pengguna anggaran Kepala Dinas SDA memanggil pelaksana dari pembangunan drainase vertikal ini dan melakukan pemeriksaan terhadap kekurangakuratan atau ketidaksempurnaan atas pekerjaan (drainase vertikal) ini," kata Yusmada dalam keterangan tertulis, Minggu (5/12/2021).

Yusmada menuturkan, proses pemanggilan kontraktor dilakukan saat meninjau langsung perbaikan sumur resapan di Jalan Lebak Bulus III. Usai pemanggilan itu, Dinas SDA telah memberikan teguran kepada kontraktor.

"Kita sudah memberikan teguran kepada mereka untuk dalam waktu secepatnya melakukan perbaikan dan menyempurnakan secara benar agar drainase vertikal ini berfungsi baik sesuai dengan yang kita harapkan," jelasnya.

Yusmada mengakui, konstruksi penutup pada drainase vertikal di Jalan Lebak Bulus III terdahulu tidak sempurna sehingga mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Oleh karena itu, dia memerintahkan kontraktor segera memperbaikinya.

"Drainase vertikal ini sudah terbangun, kemarin itu konstruksi tutupnya kurang sempurna, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pengguna jalan. Karena itu, saya minta ini dibuat rata semaksimal mungkin, sehingga jalan ini dapat berfungsi baik, aman, nyaman bagi kendaraan berlalu lintas," tegasnya.

Yusmada juga meminta agar kontraktor mengembalikan lubang-lubang air yang sempat menghilang. Fungsinya, supaya sumur resapan tetap dilengkapi oleh water trap untuk menyerap air.

"kita juga harus memastikan drainase vertikalnya juga berfungsi sesuai dengan kebutuhan, jadi ini kita lihat lubangnya kita kembalikan lagi. Tapi, saya minta drainase vertikal ini harus berfungsi baik. Nanti di sepanjang jalan (Lebak Bulus III) akan ada tangkapan air (water trap) yang akan terhubung langsung ke drainase vertikal, itu yang kita minta ke kontraktor untuk menyempurnakan kegiatan ini," ucapnya.

Yusmada mewanti-wanti seluruh rekanan dan kontraktor di wilayah Pemprov DKI Jakarta agar mengerjakan semua proyek dengan sebaik mungkin, baik dari segi perencanaan hingga eksekusi. Sehingga, hasil yang diperoleh dapat secara langsung dirasakan masyarakat.

"Ini (drainase vertikal di Lebak Bulus III) menjadi pesan bagi semua rekanan, ada 29 vendor yang melaksanakan ini, kami minta untuk melaksanakan pekerjaan sebaik mungkin. Artinya, bekerja secara terencana dengan baik, pelaksanaannya juga baik, memastikan output produknya benar, dan yang terpenting manfaatnya juga bisa didapatkan untuk mengalirkan air menuju drainase vertikal," pesannya.