Dianggap Abaikan Pantai Lakey, Gubernur NTB Dimarahi Pelaku Wisata Dompu

Faruk - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 16:15 WIB
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah saat berkunjung ke Dompu (Foto: Faruk/detikcom)
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah saat berkunjung ke Dompu. (Faruk/detikcom)
Dompu -

Seorang pelaku wisata di kawasan Pantai Lakey marah-marah kepada Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah. Pelaku wisata itu marah lantaran menganggap Zulkieflimansyah mengabaikan Pantai Lakey.

Perlakuan tidak enak dari warganya itu didapatkan pria yang akrab disapa Bang Zul tersebut ketika mengunjungi Kabupaten Dompu dalam rangka meletakkan batu pertama pembangunan gudang dan office bank sampah di wilayah Hu'u, Minggu (5/12/2021).

Warga memprotes sikap Pemprov NTB yang tidak memperhatikan kondisi Pantai Lakey yang menjadi ikon pariwisata Dompu. Pemerintah dianggap menganaktirikan Dompu dalam pembangunan khusus sektor wisata.

"Pak Gubernur lihat Pantai Lakey itu, kondisinya gimana sekarang, jangan biarkan begitu pak. Apa yang bapak perbuat untuk Dompu ini," teriak salah seorang pelaku wisata yang belakangan diketahui bernama Muhammad Ali kepada Zulkieflimansyah.

Zulkieflimansyah pun tampak mencoba merespons protes yang disampaikan Ali. Namun Ali justru terus berteriak dan menunjuk-nunjuk Zulkieflimansyah. Pada akhirnya Zulkieflimansyah pun meninggalkan lokasi kegiatan bank sampah.

Tak berhenti di situ, aksi marah-marah tersebut kemudian berlanjut di salah satu hotel di kawasan Pantai Lakey. Ali terus berteriak dan protes kepada gubernur tapi tak direspons oleh Zulkieflimansyah.

Ali yang ditemui detikcom mengaku sudah kerap mengeluhkan persoalan Pantai Lakey kepada pemerintah daerah Dompu maupun kepada DPRD Dompu. Namun, dia mengaku tidak pernah direspons dengan baik. Keluhan itu, katanya, sudah dilakukan sejak kepemimpinan H Bambang sebagai Bupati Dompu.

"Kondisi Lakey ini udah hancur, tempat sampah tidak ada, TPA tidak ada lampu jalan juga tidak ada," ungkapnya.

"Mohon kucurkan anggaran ke sini untuk perbaiki ini, supaya orang mau lagi berkunjung ke sini," tambah Ali, yang merupakan Ketua Cabang Olahraga Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Dompu.

Respons Gubernur NTB

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah meminta para pelaku wisata di Lakey menyelenggarakan event internasional di Pantai Lakey. Menurutnya, dengan begitu ada alasan bagi pemerintah untuk membangun sarana dan prasarana.

"Kalau sarana dan prasarana dengan sendirinya akan ada kalau ada event. Akan ada alasan kita bangun sarana. Jadi gini, kita tahu event kemarin tidak bisa Sinabung karena COVID-19. Nanti kita harap ada event internasional pada April hingga Agustus, nanti kita share biaya, baik dari Pemda Dompu, Provinsi, dan sponsor. Kita keroyok ramai-ramai supaya ringan," ucap Bang Zul.

Event internasional tersebut misalnya gelaran surfing. Zul mengatakan event tersebut nantinya diharapkan bisa menggeliatkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Mudah-mudahan event Internasional nanti sukses, maka akan menggeliat ekonomi masyarakat kita," tuturnya.

Simak juga 'WSBK Sukses, NTB Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)