Gerhana Matahari 2021 Besok, Hanya Daerah Ini yang Bisa Mengamati

Mutia Safira Fitri - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 15:22 WIB
The moon covers the sun during a total solar eclipse in Piedra del Aguila, Argentina, Monday, Dec. 14, 2020. The total solar eclipse was visible from the northern Patagonia region of Argentina and from Araucania in Chile, and as a partial eclipse from the lower two-thirds of South America. (AP Photo/Natacha Pisarenko)
Gerhana Matahari 2021 Besok, Hanya Daerah Ini yang Bisa Mengamati -- gerhana matahari total di Argentina Desember 2020 lalu (Foto: AP/Natacha Pisarenko)
Jakarta -

Gerhana Matahari 2021 pada 4 Desember besok akan menjadi gerhana matahari terakhir di tahun ini. Gerhana Matahari terjadi ketika cahaya matahari terhalang oleh bulan yang menyebabkan tidak seluruh sinarnya dapat sampai ke bumi.

Sayangnya, tidak semua wilayah di bumi dapat mengamati fenomena gerhana matahari yang akan terjadi pada Sabtu (4/12/2021) itu. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, simak serba-serbinya berikut.

Gerhana Matahari 2021: Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari yang akan terjadi besok berupa gerhana matahari total. Dilansir dari situs resmi NASA, gerhana matahari total 4 Desember 2021 hanya terjadi di Antartika dan perairan sekitarnya.

Gerhana matahari total terjadi ketika matahari, bulan dan bumi berada dalam satu garis lurus. Wilayah yang berada di pusat bayangan bulan ketika mengenai bumi akan mengalami gerhana matahari total. Ketika fenomena itu berlangsung maka langit akan menjadi sangat gelap seperti saat dini hari atau senja. Jika cuaca mendukung, korona matahari dapat dilihat oleh orang-orang yang berada di jalur gerhana matahari total.

Gerhana Matahari 2021: Gerhana Matahari Sebagian di Bagian Selatan Bumi

Tidak seluruh bagian bumi dapat menikmati fenomena gerhana matahari total. NASA menyebut gerhana matahari di beberapa bagian selatan bumi dapat mengalami gerhana matahari total atau sebagian. Dilansir dari situs NASA, beberapa tempat yang mengalami gerhana matahari sebagian yaitu:

  • Sebagian Saint Helena
  • Namibia
  • Lesotho
  • Afrika Selatan
  • Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich
  • Kepulauan Crozet
  • Kepulauan Falkland
  • Chili
  • Selandia Baru
  • Australia

Di lokasi-lokasi tersebut gerhana akan terjadi sebelum, selama dan setelah matahari terbit atau terbenam. Berikut rincian waktu gerhana matahari sebagian:

  1. Dimulai pukul 02:00 EST (07:00 GMT)
  2. Titik terbesar gerhana matahari total pukul 02:33 EST (07:33 GMT)
  3. Gerhana sebagian berakhir pukul 03:06 EST (08:06 GMT)

Gerhana Matahari 2021: Tidak Dapat Diamati dari Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gerhana matahari terakhir yang terjadi di tahun 2021 tidak dapat diamati dari Indonesia. Dilansir dari situs resmi BMKG, hanya dua dari empat gerhana tahun 2021 yang dapat diamati dari Indonesia. Berikut rinciannya:

  1. Gerhana Bulan Total pada 26 Mei 2021 - Dapat diamati dari Indonesia
  2. Gerhana Matahari Cincin pada 10 Juni 2021 - Tidak dapat diamati dari Indonesia
  3. Gerhana Bulan Sebagian pada 19 November 2021 - Dapat diamati dari Indonesia
  4. Gerhana Matahari Sebagian pada 4 Desember 2021 - Tidak dapat diamati dari Indonesia

Untuk mengamati gerhana matahari 2021 yang terakhir dapat dilihat secara online di akun YouTube NASA. Simak informasinya di halaman selanjutnya.