Polisi Jelaskan Duduk Perkara Ibu Rodiah Dilaporkan 5 Anak Kandungnya

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 10:59 WIB
Rodiah (72), ibu yang dipolisikan 5 anaknya ke Polres Metro Bekasi. Foto: dokumen Antara
Rodiah (72), ibu yang dipolisikan lima anaknya (Foto: dok. Antara)
Bekasi -

Seorang ibu bernama Rodiah (72), warga Cibarusah, Kabupaten Bekasi, dipolisikan kelima anaknya gegara tanah warisan. Rodiah sempat datang ke Polres Metro Bekasi untuk diperiksa atas laporan kelima anak kandungnya itu.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan meluruskan beberapa informasi terkait pelaporan lima anak Rodiah atas ibu kandungnya itu. Hendra mengatakan pihaknya meminta klarifikasi Rodiah atas surat permohonan perlindungan hukum yang dilayangkan kelima anaknya ke pihak kepolisian.

"Jadi ada surat permohonan perlindungan hukum yang dilayangkan oleh anaknya, untuk diklarifikasi adanya dugaan penggelapan sertifikat tanah warisan yang sudah dibagi," kata Hendra saat dihubungi detikcom, Jumat (3/12/2021).

Atas dasar itu, pihak kepolisian meminta klarifikasi kepada Rodiah. Klarifikasi ini sekaligus untuk mendalami apakah permohonan perlindungan hukum yang dilakukan kelima anak Rodiah ini sesuai.

"Nah, atas permohonan surat itu, supaya jelas dan terang, apakah ini benar atau tidak, atau bisa masuk pidana atau tidak, bentuknya undangan, bukan panggilan ya. Undangan kepada ibu yang termasuk dalam surat permohonan perlindungan hukum, tetap diklarifikasi dan dikonfirmasi," jelas Hendra.

Belum Dibuat Laporan Polisi

Dihubungi terpisah, Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi AKBP Aris Timang mengatakan kelima anak Rodiah itu mengajukan surat permohonan perlindungan hukum kepada polisi pada 8 September 2021. Isi surat itu berkaitan adanya dugaan penggelapan sertifikat tanah warisan yang dilakukan Rodiah.

"Jadi anaknya itu menduga sertifikat itu dipindahtangankan Ibu Rodiah," terang Aris.

Aris menegaskan pihaknya belum masuk ke ranah hukum dalam proses klarifikasi itu. Polisi, kata Aris, baru sebatas meminta klarifikasi Rodiah.

"Banyak yang tanya Pasal 372 dan 385 KUHP, saya bilang begini, belum ada kita bicara pasal karena belum masuk ranah hukum. Masih hanya ranah perlindungan hukum. Kalau masuk ranah LP (laporan polisi), baru kita bicara pasal apakah Ibu Rodiah memenuhi unsur yang dimaksud atau tidak. Jadi belum bicara pasal kita," terang Aris.

Simak kisah Rodiah di halaman selanjutnya....