PDIP Desak Audit Total TransJ Imbas Bus Tabrak Pos Polisi Depan PGC

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 06:07 WIB
Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak
Gilbert Simanjuntak (Foto: dok. Istimewa/foto diberikan oleh narasumber)
Jakarta -

Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak meminta audit menyeluruh terhadap PT TransJakarta. Gilbert merasa audit menyeluruh perlu, sebab TransJakarta mengalami sejumlah insiden belakangan ini.

"Itu memerlukan legal due diligence, audit full dengan auditor yang baik dan lawyer juga. (Audit) keseluruhan, biar jelas," kata Gilbert kepada wartawan, Kamis (2/12/2021).

Gilbert juga meminta bus yang mengalami kecelakaan dicek kepemilikannya agar diketahui status unitnya milik PT TransJakarta atau perusahaan mitra. Jika bus yang bermasalah milik mitra, maka dia menyarankan TransJakarta putus kontrak dengan mitra tersebut.

"Sebaiknya dicek, apakah yang bermasalah itu bus milik siapa saja. Sebaiknya diputuskan kontrak apabila tidak memenuhi standar. Bila itu bus milik DKI, maka direksi TJ diganti saja. Karena kalau itu bus milik DKI dengan kejadian berulang, maka jelas pengelolanya tidak becus," katanya.

Lebih lanjut, Gilbert mengatakan faktor keselamatan adalah yang utama dalam transportasi. Dia menyebut hal itu penting untuk dilakukan.

"Di mana-mana faktor terpenting transportasi darat, laut dan udara adalah keselamatan paling utama," ujar dia.

Gerindra Dorong Investigasi Unsur Kelalaian

Sementara itu, Fraksi Gerindra DRD DKI Jakarta meminta agar TransJakarta melakukan evaluasi. Dia menyebut banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan bus.

"Memang mungkin perlu dievaluasi segala sesuatunya di TransJakarta, banyak faktor yang bisa menyebabkan hilang kendalinya sopir, atau bisa juga ada faktor kendala mungkin bisa jadi ada di busnya sendiri. Perlu diinvestigasi lebih lanjut, apakah ada faktor kelalaian dan lain-lain," kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani saat dihubungi terpisah.

Simak video 'Penampakan Hancurnya Pos Polisi PGC Usai Dihantam Bus Transjakarta':

[Gambas:Video 20detik]