Petugas PPSU Bersihkan Sisa Puing Pos Lantas PGC yang Ditabrak TransJ

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 17:30 WIB
Petugas PPSU membersihkan puing sisa Pos Lantas PGC yang hancur ditabrak TransJ
Petugas PPSU membersihkan puing sisa Pos Lantas PGC yang hancur ditabrak TransJ. (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Insiden kecelakaan terjadi di sekitar Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur. Sebuah bus TransJakarta menabrak Pos Lantas di dekat PGC hingga roboh.

Pos Lantas tersebut berada di simpang Jalan Mayjen Sutoyo, tepatnya di sebelah Halte PGC di samping pintu masuk PGC. Kondisi Pos Lantas tersebut kini berantakan.

Pecahan kaca tampak berserakan di jalan. Bahkan, di lokasi saat ini juga terlihat berserakan besi dan batu bata dinding pos tersebut.

Di lokasi ada sejumlah petugas dari Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta tengah membersihkan tempat kejadian. Petugas PPSU tampak menghancurkan dinding Pos Lantas yang roboh agar lebih mudah dibersihkan.

Selain itu, tampak petugas PPSU sedang membersihkan serpihan kaca yang berceceran di jalan. Saat detikcom tiba dilokasi, bus TransJakarta tersebut tampak sudah dievakuasi.

Seperti diketahui, bus TransJakarta menabrak Pos Lantas di persimpangan dekat Pusat Grosir Cililitan (PGC), Cililitan, Jakarta Timur. Polisi menyebut kecelakaan tersebut dipicu dongkrak yang menggelinding lalu menyebabkan sopir hilang kendali.

"Dugaan awalnya karena dongkrak berat yang bisa membawa beban 15 ton ditaruh (di) jok driver tahu-tahu kan menggelinding pedal gas. Sehingga driver tidak bisa menguasai. Karena langsung menabrak pospol kita," ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Eddy Surasa kepada wartawan di lokasi kejadian, Kamis (2/12/2021).

Eddy mengatakan, sewaktu kejadian, tidak ada polisi di dalam Pos Lantas tersebut. Namun, saat itu ada petugas TransJ di dalam Pos Lantas.

"Nggak ada, anggota kita pengaturan di luar, di jalan. Ada (satu) petugas busway," terang Eddy.

(rak/mea)