Aturan Baru PPKM Level 2 di Jakarta, Perlu Diingat!

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 20:30 WIB
Aturan baru PPKM level 2 di Jakarta mulai diberlakukan setelah pemerintah mengevaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada November lalu.
Aturan Baru PPKM Level 2 di Jakarta, Perlu Diingat! (Foto: Infografis detikcom/Denny)
Jakarta -

Aturan baru PPKM level 2 di Jakarta mulai diberlakukan setelah pemerintah mengevaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada November lalu. Kali ini, ada sejumlah aturan yang diperketat guna membatasi mobilitas masyarakat, serta mencegah varian Omicron.

Aturan baru PPKM level 2 di Jakarta sudah diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 63 Tahun 2021. Mulai 30 November lalu, Inmendagri itu mencantumkan sejumlah aturan yang berlaku hingga 13 Desember mendatang.

Lantas, apa saja aturan baru PPKM level 2 di Jakarta? Untuk menjawabnya, detikcom sudah merangkumnya dari Inmendagri 63/2021. Simak uraian berikut ini.

Aturan baru PPKM level 2 di Jakarta: Berlaku di Mana Saja?

Dari Inmendagri 63/2021, seluruh DKI Jakarta masuk PPKM level 2. Berikut daftar wilayahnya:

  • Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu
  • Kota Administrasi Jakarta Barat
  • Kota Administrasi Jakarta Timur
  • Kota Administrasi Jakarta Selatan
  • Kota Administrasi Jakarta Utara
  • Kota Administrasi Jakarta Pusat

Aturan Baru PPKM Level 2 di Jakarta: Mulai WFO-Tempat Wisata

Berikut serba-serbi aturan mulai dari kegiatan WFO hingga tempat wisata selama DKI Jakarta masuk kategori PPKM level 2:

  1. Kegiatan pada sektor non esensial boleh WFO 50% untuk pegawai yang telah divaksin dan Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk akses masuk dan keluar.
  2. Supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari buka dengan jam operasional sampai dengan Pukul 21.00 waktu setempat, kapasitas pengunjung 75%. Untuk supermarket dan hypermarket wajib menggunakan PeduliLindungi.
  3. Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka sampai Pukul 21.00 waktu setempat maksimal pengunjung makan di tempat 50% waktu makan maksimal 60 menit.
  4. Restoran/rumah makan, kafe dengan lokasi terbuka, tertutup atau di mal buka sampai pukul 21.00, kapasitas maksimal 50% dan waktu makan 60 menit dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi
  5. Restoran atau rumah makan, atau kafe dengan jam operasional mulai malam hari beroperasi mulai pukul 18.00-00.00 waktu setempat, kapasitas maksimal 50% dan waktu makan maksimal 60 menit skrining melalui aplikasi PeduliLindungi
  6. Mal/pusat perbelanjaan dibuka hingga pukul 21.00, pengunjung maksimal 50% dan harus menunjukkan sertifikat vaksin kepada petugas mall atau menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Anak-anak diperbolehkan masuk dengan didampingi orang tua. Sementara tempat bermain anak dan tempat hiburan sudah dibuka dengan syarat mencantumkan nomor dan alamat orang tua untuk kebutuhan tracing.
  7. Bioskop dapat beroperasi dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi, kapasitas maksimal 70% dan hanya kategori Hijau dan Kuning yang diizinkan masuk. Untuk anak-anak diizinkan masuk dengan syarat didampingi orang tua. Restoran/ rumah makan dan kafe di dalam area bioskop diizinkan menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 50% dan waktu makan maksimal 60 menit.
  8. Kegiatan di tempat ibadah maksimal 75% kapasitas.
  9. Kegiatan di tempat umum seperti tempat wisata maksimal kapasitas 25% dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk screening. Sementara anak di bawah 12 tahun diizinkan masuk dengan syarat didampingi orang tua.
  10. Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan kapasitas maksimal 100%. Untuk pesawat terbang kapasitas 100% dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat

Kini sudah diketahui aturan baru PPKM level 2 di Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut pemberlakuan PPKM level 2 jadi momentum Jakarta memperketat protokol kesehatan. Simak informasinya di halaman selanjutnya.