PPKM Level 2 Sampai Tanggal Berapa di Jakarta? Ini Updatenya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 15:14 WIB
PPKM level 2 sampai tanggal berapa? PPKM Jawa-Bali kembali diperpanjang dan ternyata Jakarta kini berstatus PPKM level 2.
PPKM Level 2 Sampai Tanggal Berapa di Jakarta? Ini Updatenya Foto: Infografis detikcom/Denny
Jakarta -

PPKM level 2 sampai tanggal berapa? PPKM Jawa-Bali kembali diperpanjang dan ternyata Jakarta kini berstatus PPKM level 2.

Status PPKM level 2 sampai tanggal berapa di Jakarta sama dengan batas waktu perpanjangan PPKM Jawa Bali. Kebijakan ini berlaku mulai tanggal 30 November 2021.

Simak informasi di bawah ini untuk menjawab pertanyaan PPKM level 2 sampai tanggal berapa.

PPKM Level 2 Sampai Tanggal Berapa? Sementara Sampai 13 Desember

PPKM level 2 sampai tanggal berapa? Daerah Jawa-Bali menetapkan perpanjangan PPKM hingga dua pekan ke depan, yakni sampai 13 Desember 2021. Hal ini dikatakan oleh Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Safrizal.

"Iya (diperpanjang 2 pekan)," ucapnya pada Senin (29/11/2021).

Pemerintah akan kembali melakukan evaluasi terkait status daerah-daerah Jawa Bali setelah tanggal 13 Desember. Apakah setelah 13 Desember nanti Jakarta tetap PPKM level 2 atau tidak, itu tergantung kondisi pandemi Corona pada saat itu.

Cakupan Daerah untuk PPKM Level 2 di DKI Jakarta

Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman dan Investasi (Marves) menerangkan ada 10 kabupaten/kota di Jabodetabek yang masuk PPKM level 2. Daerah-daerah di Jakarta yang masuk PPKM level 2 terdiri dari:

  1. Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu
  2. Kota Administrasi Jakarta Barat
  3. Kota Administrasi Jakarta Timur
  4. Kota Administrasi Jakarta Selatan
  5. Kota Administrasi Jakarta Utara
  6. Kota Administrasi Jakarta Pusat

"Berdasarkan asesmen dari World Health Organization (WHO), 10 kabupaten/kota yang kembali ke level 2 di antaranya berada di wilayah Jabodetabek yang terjadi akibat turunnya angka tracing (penapisan) anggota aglomerasi di wilayah Jabodetabek," dikutip dari keterangan Marves dalam siaran pers, Senin (29/11/2021).

Penyataan Menko Luhut soal Kondisi Corona Terkini

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa terjadi peningkatan nilai RT (kasus aktif nasional). Peningkatan RT terjadi dalam 4 hingga 5 hari berturut-turut selama periode awal munculnya varian Delta di Jawa dan Bali.

Luhut menambahkan lonjakan kasus menjadi pengingat agar berbagai pihak lebih taat dalam menerapkan protokol kesehatan dan 3T (tracing, testing, treatment). Masyarakat tidak perlu panik akibat kenaikan kasus.

"Saat ini, jumlah testing dan tracing kita pun sudah jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bulan November tahun lalu. Tingkat vaksinasi kita juga sudah di atas 60 persen dibandingkan dengan tahun 2020 di saat program vaksinasi belum berjalan," jelas Luhut.

PPKM level 2 sampai tanggal berapa di Jakarta sudah diketahui. Untuk melihat lagi penyebab Jakarta naik ke PPKM level 2, simak data sebaran Corona Jakarta terbaru di halaman selanjutnya.