Agung Nugroho Masih Menimbang Polisikan Pembakar Atribut Partai Demokrat

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 16:15 WIB
Aksi bakar atribut Partai Demokrat di Riau.
Aksi bakar atribut Partai Demokrat di Riau. (Raja Adil/detikcom)
Pekanbaru -

Ketua DPD Demokrat Riau terpilih, Agung Nugroho, menyayangkan aksi bakar atribut partai oleh kadernya. Agung mengaku sedang menimbang untuk melaporkan perbuatan kadernya ke polisi.

"Yang jelas kami sedang mempelajari aksi pembakaran tersebut, apakah ada dugaan pidana. Karena sekilas aksi tersebut lebih kepada penghinaan terhadap atribut dan lambang partai kami," kata Agung kepada detikcom, Kamis (2/12/2021).

Agung mengatakan dirinya telah koordinasi dengan tim hukum. Bila ada pelanggaran, Agung akan langsung membawa kasus itu ke ranah hukum.

"Bila hasil konsultasi hukum menyatakan bahwa ada unsur pidana di sana. Akan segera kami laporkan ke pihak penegak hukum," ujar Agung.

Agung menganggap kejadian itu sebagai masukan untuk membangun Partai Demokrat. Namun ia melihat tidak semua yang melakukan pembakaran atribut itu kader Partai Demokrat.

"Terkait riak-riak, kami anggap itu sebagai masukan untuk membangun Demokrat ke depan. Tapi perlu digarisbawahi juga, dari pengamatan kami, tidak semua merupakan kader PD Riau. Mungkin persentasenya sangat sedikit kader dibanding nonkader yang kami tidak tahu itu entah siapa," imbuh Agung.

Wakil Ketua DPRD Riau itu mengatakan pemilihan Ketua DPD adalah hal biasa. Bahkan dalam penyelenggaraan Musda, sudah pasti ada yang terpilih dan tidak terpilih.

"Pertama perlu digarisbawahi bahwa ini adalah politik. Dalam setiap kontestasi, dalam hal ini Musda, pasti ada yang terpilih dan tidak terpilih. Dari sana bila ada kekecewaan tentu ini merupakan hal biasa, tergantung bagaimana menyikapinya," kata Agung.

"Dari situ melihat kedewasaan berpolitik, saya rasa di semua partai sama," imbuh dia.

Sebelumnya, sejumlah kader Partai Demokrat melakukan aksi bakar atribut di kantor DPD Partai Demokrat Riau. Aksi itu dilakukan karena kecewa terhadap AHY.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.