Puan Undang Parlemen Dunia Hadiri IPU Ke-144 Sambil Nikmati Bali

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 17:30 WIB
Puan Maharani
Foto: DPR RI
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani mengundang para anggota Inter Parliamentary Union (IPU) untuk menghadiri gelaran forum parlemen dunia berikutnya itu di Indonesia. Ia bahkan turut mempromosikan Bali yang akan menjadi lokasi IPU General Assembly ke-144 tahun depan.

"Suatu kehormatan bagi saya untuk memberitahukan kepada seluruh Delegasi bahwa DPR RI akan menjadi tuan rumah Sidang IPU ke-144 di Bali, Indonesia, pada tanggal 20-24 Maret 2022," kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu (1/12/2021).

Hal tersebut disampaikan Puan dalam penutupan IPU General Assembly ke-143 di Madrid, Spanyol. Ia juga turut memberi apresiasi kepada parlemen Spanyol yang sukses menyelenggarakan sidang umum IPU kali ini.

Ia menjelaskan sidang umum IPU ke-144 harus mengirimkan pesan kuat bahwa parlemen selalu siap menjadi bagian dari solusi untuk memecahkan tantangan paling besar yang dihadapi dunia saat ini. Puan mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun yang penting dan menentukan apakah dunia dapat keluar dari pandemi COVID-19.

"Jika vaksinasi dapat dilakukan merata di seluruh dunia, maka dunia akan keluar dari pandemi. Dan sidang umum di Bali akan menjadi kesempatan baik bagi IPU untuk melakukan reality check apakah kita sudah di jalan yang tepat menuju pemulihan dari pandemi," tuturnya.

Reality check yang dimaksud Puan adalah apakah vaksinasi global sudah mencapai target 70% dari total penduduk dunia pada pertengahan 2022. Selain itu, parlemen dunia bisa menilai dampak sosial pandemi serta kemajuannya dari sisi pemulihan ekonomi.

"Kita dapat menilai dampak pandemi terhadap pelaksanaan demokrasi, pemajuan hak asasi manusia, dan rule of law," ujar Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR ini pun menyebut Bali adalah tempat yang tepat untuk pelaksanaan sidang umum IPU. Ia juga membanggakan keunggulan pariwisata Bali.

"Majelis IPU ke-144 akan menjadi Majelis kedua setelah pandemi, dan kami tidak bisa memikirkan tempat yang lebih baik untuk bertemu selain Bali. Delegasi Parlemen dapat mengkombinasi antara melaksanakan tugas diplomasi parlemen dan menikmati keindahan Bali," sebutnya.

Puan menegaskan Indonesia telah membuat kemajuan besar dalam penanganan pandemi COVID-19. Ia juga meminta anggota IPU tidak perlu khawatir datang ke Bali karena tingkat vaksinasi penuh (2 kali dosis) masyarakat di Pulau Dewata itu telah mencapai lebih dari 87% dari jumlah penduduk.

"Sedangkan di Indonesia secara keseluruhan, Indonesia telah mencapai 100% target yaitu 208 juta orang pada bulan Maret 2022. Saya berharap dapat menyambut Anda di Indonesia dan bekerja sama menuju pertemuan yang memiliki dampak," ucap Puan.

Di akhir sambutan, mantan Menko PMK tersebut memberikan salam dengan Bahasa Spanyol. Puan menegaskan, Indonesia siap menyambut delegasi IPU dengan baik.

"Semoga sehat selalu dan sampai jumpa tahun depan di Indonesia. Gracias," ungkapnya.

Puan pun menyampaikan undangan perhelatan Sidang Umum IPU ke-144 dengan penayangan video. Ia lalu mendapat sambutan hangat dari para anggota IPU, termasuk dari Ketua Parlemen Spanyol dan Presiden IPU yang mengucapkan selamat dan berharap agar IPU General Assembly ke-144 di Bali dapat berjalan sukses.

Sejumlah anggota IPU pun turut mendatangi meja delegasi Indonesia. Mereka menyampaikan komitmennya untuk datang ke Bali menghadiri Sidang Umum IPU ke-144.

Sebagai informasi, IPU General Assembly ke-143 di Spanyol dihadiri oleh lebih dari 1.000 anggota parlemen 120 negara, dengan 40 di antaranya adalah Ketua Parlemen. Sidang umum dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dengan setiap delegasi harus melakukan tes COVID-19 setiap 2 hari sekali.

(ncm/ega)