Tidak Bisa Check Out PeduliLindungi, Saya Harus Bagaimana? Ini Solusinya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 16:36 WIB
Tidak bisa check out PeduliLindungi? Kini kamu tak perlu khawatir.
Tidak Bisa Check Out PeduliLindungi, Saya Harus Bagaimana? Ini Solusinya Foto: Dok.detikcom
Jakarta -

Tidak bisa check out PeduliLindungi? Tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk check out aplikasi PeduliLindungi.

Check out PeduliLindungi dilakukan saat kita ingin keluar dari lokasi di mana kita berada. PeduliLindungi sendiri digunakan untuk keperluan pelacakan (tracing) masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah.

Lalu, apa solusinya jika tidak bisa check out PeduliLindungi? Simak cara-cara berikut ini:

Tidak Bisa Check Out PeduliLindungi? Jangan Panik

Jika kamu tidak bisa check out PeduliLindungi, tak usah panik. Ikuti langkah-langkah di bawah ini agar check out PeduliLindungi berhasil:

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi di handphone Anda.
  2. Login/masuk ke akun PeduliLindungi dengan memasukkan e-mail atau nomor telepon yang didaftarkan saat vaksinasi.
  3. Pilih menu 'Scan QR Code' di laman utama PeduliLindungi.
  4. Arahkan kamera handphone ke 'QR Code' yang terletak di pintu keluar tempat Anda berada.

Cara Lain untuk Check Out PeduliLindungi

Selain cara 'Scan QR Code', ada cara lain yang bisa dilakukan untuk check out PeduliLindungi. Kamu bisa langsung klik 'Check Out' di bagian kanan atas.

Kamu juga tak perlu khawatir apabila lupa check out dari aplikasi PeduliLindungi. Secara otomatis, aplikasi tersebut akan melakukan check out setiap 24 jam.

Fitur dan Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

Selain cara check out, ada beberapa fitur dan manfaat aplikasi PeduliLindungi. PeduliLindungi dibuat sebagai wadah untuk melakukan pelacakan (tracing) kepada masyarakat yang berada di tempat umum.

Karena PeduliLindungi digunakan untuk check in dan check out aktivitas di fasilitas umum, PeduliLindungi punya banyak manfaat. Simak informasi tentang fitur dan manfaat aplikasi PeduliLindungi di bawah ini.

  • Peringatan pada Pengguna
    Notifikasi akan muncul saat pengguna aplikasi PeduliLindungi berada di keramaian atau kawasan zona merah. Mereka juga akan mendapatkan peringatan jika berada di lokasi yang terdapat orang positif COVID-19 atau ada Pasien Dalam Pengawasan.
  • Fitur Pengawasan (surveillance)
    Aplikasi PeduliLindungi menampilkan informasi lokasi pengguna saat mereka sedang bepergian. Hal ini memudahkan pemerintah mengawasi pergerakan orang-orang yang terpapar COVID-Q9 selama 14 hari ke belakang. Pemerintah juga lebih mudah mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital.
  • Tempat Mengunduh Sertifikat Vaksin
    Masyarakat yang sudah mendapatkan dosis vaksin COVID-19 secara otomatis mendapatkan sertifikat vaksin. Mereka juga bisa mengunduh sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.
  • Informasi Hasil Tes COVID-19
    Aplikasi PeduliLindungi juga menyediakan fitur yang bisa menunjukkan hasil tes PCR atau swab antigen. Hasil tersebut resmi dari laboratorium yang bekerja sama dengan pemerintah.
  • Bukti untuk Menggunakan Layanan Publik
    Masyarakat menggunakan PeduliLindungi untuk scan QR saat beraktivitas di tempat umum. Scan QR ini menjadi salah satu syarat untuk memasuki pusat perbelanjaan, bioskop, tempat wisata atau sebelum menaiki transportasi umum.
  • Pendaftaran Vaksin
    Pendaftaran vaksin dapat dilakukan secara online melalui aplikasi atau situs PeduliLindungi. Setelah mendaftar, pendaftar akan mendapatkan undangan vaksinasi dalam format elektronik.

Demikian solusi apabila tidak bisa check out PeduliLindungi. Tidak perlu khawatir sebab check out PeduliLindungi dapat dilakukan dengan berbagai cara.

(azl/imk)