PeduliLindungi Tidak Bisa Checkout, Saya Harus Bagaimana?

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 17:14 WIB
PeduliLindungi Tidak Bisa Checkout, Saya Harus Bagaimana?
PeduliLindungi Tidak Bisa Checkout, Saya Harus Bagaimana? / Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

PeduliLindungi tidak bisa checkout dialami sejumlah pengguna PeduliLindungi saat hendak keluar dari fasilitas umum. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Aplikasi PeduliLindungi sendiri kegunaannya sangat banyak, antara lain digunakan saat hendak masuk tempat umum, seperti naik transportasi umum, masuk mal atau tempat-tempat wisata, hingga masuk bioskop dan tempat gym.

Pengunjung harus check in PeduliLindungi dengan cara scan QR code menggunakan HP saat akan masuk lokasi. Ketika akan keluar lokasi, pengunjung juga harus check out di aplikasi PeduliLindungi.

Lalu, bagaimana jika aplikasi PeduliLindungi tidak bisa di check out? Bagaimana bila upa check out?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

PeduliLindungi Tidak Bisa Checkout: Ini Solusinya

Saat ini, PeduliLindungi sudah tersambung dengan beberapa aplikasi lain. Dengan demikian, masyarakat bisa menggunakan aplikasi lain untuk scan QR code saat masuk ke suatu lokasi. Salah satu aplikasi lain tersebut adalah Gojek.

Dikutip dari blog resmi Gojek, solusi apabila tidak bisa checkout di aplikasi PeduliLindungi, yakni Anda dapat untuk menuju ke pintu keluar lokasi yang sedang Anda kunjungi untuk melakukan checkout.

Namun, apabila Anda juga lupa atau memungkinkan melakukan checkout, tidak perlu khawatir karena sistem di aplikasi PeduliLindungi akan melakukan check-out secara otomatis setiap 24 jam.

Aplikasi Lain yang Tersambung dengan PeduliLindungi

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengumumkan aplikasi yang dapat terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi. Sebelumnya diketahui ada 11 aplikasi yang dapat terhubung dengan PeduliLindungi. Sekarang, aplikasi yang bisa terhubung bertambah menjadi 15 aplikasi.

Apa saja aplikasi tersebut? Berikut ini rinciannya.

  1. Gojek
  2. Tokopedia
  3. Grab
  4. Traveloka
  5. Tiket
  6. Dana
  7. Shopee
  8. Livin' by Mandiri
  9. Cinema XXI
  10. LinkAja
  11. Goers
  12. Jaki
  13. BNI Mobile
  14. MCash
  15. Loket

Melalui integrasi dengan aplikasi-aplikasi di atas, masyarakat tidak perlu lagi mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk mengatasi persoalan terbatasnya memori ataupun jumlah aplikasi di HP. Aplikasi-aplikasi tersebut sudah dapat dipakai untuk memenuhu kebutuhan masyarakat berkegiatan di luar rumah.

Setelah tahu cara mengatasi PeduliLindungi tidak bisa checkout, simak manfaat aplikasi tersebut di berita selanjutnya.

Simak video 'QR Code PeduliLindungi Terintegrasi Puluhan Aplikasi, Keamanan Dijamin!:

[Gambas:Video 20detik]