ADVERTISEMENT

Rencana Reuni 212: Patung Kuda, Az Zikra, Kini Jadi Tanda Tanya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 16:17 WIB
Massa Reuni 212 memadati kawasan Monas, Jakarta, Senin (2/12/2019).
Reuni 212 beberapa tahun lalu di Monas. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Reuni 212 kini batal digelar di Masjid Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor. Pembatalan itu dilakukan usai Yayasan Az Zikra menolak Reuni 212 digelar di Masjid Az Zikra.

Sebelum tak diberi izin untuk digelar di Masjid Az Zikra, Reuni 212 sudah beberapa kali berganti lokasi penyelenggaraan. Mulanya, Persaudaraan Alumni (PA) 212 berencana menggelar Reuni 212 di Monas, Jakarta Pusat.

"Insyaallah jadi untuk reuni akbar 212 dan untuk tempat seperti biasanya di Monas," kata Wasekjen PA 212, Novel Bamukmin, kepada wartawan, Minggu (7/11).

Namun, kritik mencuat menyikapi rencana Reuni 212 yang itu direncanakan digelar awal Desember ini. Sebab, pandemi virus Corona (COVID-19) hingga kini masih melanda Jakarta. Gelaran itu pun dianggap berpotensi melanggar protokol kesehatan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bahkan meminta PA 212 untuk memikirkan lagi rencana menggelar reuni akbar. Pemprov DKI Jakarta kemudian juga menegaskan bahwa Monas belum dibuka untuk umum.

Pindah ke Patung Kuda

Tak diizinkan di Monas, PA 212 berubah pikiran. Kala itu, panitia kemudian berencana menggelar Reuni 212 di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"Benar. Masih proses perizinan nanti kalau sudah ada hasil kami akan berikan rilis resminya," kata Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin kepada wartawan, Selasa (23/11).

Kendati demikian, perizinan tak kunjung datang. Polda Metro tak jua memberi lampu hijau pelaksanaan Reuni 212 di Patung Kuda.

Namun, PA 212 saat itu masih belum menyerah. PA 212 masih berupaya agar reuni itu bisa dilaksanakan di Patung Kuda pada awal Desember mendatang.

"Sampai saat ini kan kita masih berusaha untuk memenuhi apa yang disyaratkan oleh Kepolisian yaitu rekomendasi dari Satgas COVID-19, rencana insyaallah besok Senin kita akan ada pertemuan dengan Pemprov DKI dalam hal ini diwakili asisten tata pemerintahan dan juga ada tim dari Gugus Tugas COVID," kata Ketua Panitia Reuni 212, Eka Jaya kepada wartawan, Sabtu (27/11).

Lokasi Reuni 212 kemudian dipindah ke Az Zikra. Simak di halaman selanjutnya.

Simak Video: Siap-siap! Nekat Gelar Reuni 212 Bisa Dipidana

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT