Jalan di Perdagangan Simalungun Rusak Parah, Lubangnya Selebar Kolam

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 14:02 WIB
Kerusakan jalan di Perdagangan, Simalungun (dok. Istimewa)
Kerusakan jalan di Perdagangan, Simalungun (Dok. Istimewa)
Simalungun -

Video menunjukkan jalan di Perdagangan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), rusak parah viral. Warga setempat mengeluhkan lubang di jalan itu selebar kolam.

Dilihat detikcom, Selasa (30/11/2021), video itu diunggah oleh akun Instagram @dickeyfoliza. Jalanan di wilayah itu terlihat dipenuhi lubang berukuran kecil hingga besar dan tergenang air.

"Sudah pernah kalian nengok Jalan Lintas Perdagangan itu kayak gini. Ada kolam renangnya," ucap pria dalam video itu.

Pemilik akun Dickey Foliza mengatakan jalan itu sudah rusak sudah bertahun-tahun. Dia menyebut kerusakan itu akibat jalan sering dilintasi truk-truk overkapasitas.

"Sudah bertahun-tahun jalan lintas yang berada di Kota Perdagangan ini semakin hari semakin rusak. Pasalnya sering dilalui oleh truk-truk yang overkapasitas. Seperti truk pengangkat kayu dan muatan lainnya," ucap Dickey.

Dickey berharap pemerintah setempat segera memperbaiki jalan itu. Dia menyebut pemerintah selama ini seolah-olah tidak peduli dengan kondisi tersebut.

Kerusakan jalan di Perdagangan, Simalungun (dok. Istimewa)Kerusakan jalan di Perdagangan, Simalungun (Dok. Istimewa)

"Sudah bertahun-tahun juga tidak ada tanggapan dari pemerintah terkait untuk akses Jalan Perdagangan. Tahun semalam pernah warga berpartisipasi saling patungan untuk perbaiki jalan ini, para pemilik toko dan warga berpartisipasi untuk jalan berlubang ini untuk mengurangi kemacetan dan juga pastinya menghambat jual-beli di depan toko mereka," sebut Dickey.

"Meskipun berkali-kali disinggung dan dilaporkan ke media tetap tidak ada tanggapan. Karena selalu beralasan belum ada anggaran untuk perbaikan Jalan Perdagangan, Simalungun, ini," ujar Dickey.

Dia mengatakan masyarakat makin sulit melintas ketika hujan mengguyur. Dia mengatakan lubang di jalan itu makin lebar ketika hujan.

"Jalan rusak itu bukan hanya di batas Kota Perdagangan saja. Dari Perdagangan menuju Siantar itu jalannya parah sekali. Dari zaman bupati 2 periode kemarin sampai sekarang sudah periode baru juga nggak ada tindakan," sebut Dickey.

(haf/haf)