12 Jam Diperiksa, Pelapor Dicecar Keterkaitan Luhut-Erick di Bisnis PCR

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 23:49 WIB
Ketua Majelis Jaringan ProDEM Iwan Sumule usai diperiksa di Polda Metro terkait laporan terhadap Menko Marves Luhut Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir soal dugaan bisnis PCR, Senin (29/11/2021).
Ketua Majelis Jaringan ProDEM Iwan Sumule (Yogi Ernes/detikcom)

Lebih lanjut Iwan mengatakan proses penyelidikan kasus ini masih berlangsung. Dia mengaku penyidik meminta pihaknya melengkapi bukti-bukti lainnya terkait dugaan nepotisme Luhut dan Erick di bisnis PCR.

"Penyidik minta kepada kami untuk melengkapi bukti-bukti, data-data terkait dengan Pt GSI sehingga bisa didapat secara pasti keterhubungan Pak Luhut dan Pak Erick biar kita tahu keterhubungan di mana," jelas Iwan.

Laporan dari Iwan kepada Luhut Binsar Pandjaitan dan Erick Thohir telah diterima pihak Polda Metro Jaya. Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/B/5734/XI/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Dalam laporan tersebut, ProDem melaporkan Erick Thohir dan Luhut atas dugaan pelanggaran tindak pidana kolusi dan nepotisme Pasal 5 angka (4) juncto Pasal 21 dan Pasal 22 UU No 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.


(ygs/mea)