Virus Omicron di Indonesia Belum Terdeteksi, Ini Langkah Pencegahan RI

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 14:45 WIB
Virus Omicron di Indonesia Belum Terdeteksi, Ini Langkah Pencegahan Pemerintah
Virus Omicron di Indonesia Belum Terdeteksi, Ini Langkah Pencegahan Pemerintah -- ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Virus Omicron di Indonesia dipastikan belum ditemukan. Hal ini dikonfirmasi Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

"Sampai sekarang Indonesia belum teramati adanya varian Omicron ini," tegas Menkes Budi dalam konferensi pers di kanal Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Minggu (28/11/2021).

Meski belum terdeteksi di Indonesia, Pemerintah mengambil sejumlah langkah pencegahan masuknya varian Omicron. Mulai dari menutup jalur masuk dari negara-negara di Afrika hingga memberlakukan karantina bagi pelaku perjalanan dari luar negeri selain negara Afrika.

Untuk lebih lengkapnya, detikcom merangkum ulasannya berikut ini.

Masa Karantina WNA-WNI Jadi 7 Hari

Untuk mencegah masuknya virus Omicron di Indonesia, pemerintah memperketat pengawasan di pintu masuk internasional. Pengunjung dari luar negeri kini wajib karantina selama 7 hari dan semua sampel yang terdeteksi positif akan dilakukan tes genome sequencing.

"Kita akan pastikan semua kantor karantina pelabuhan di udara, laut, dan darat bekerja dengan keras. Kebijakan kita semua kedatangan internasional akan kita tes PCR, kalau positif genome sequence," kata Menkes Budi.

Pemerintah juga menerbitkan aturan baru dalam SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional yang berlaku mulai hari ini, 29 November 2021. Dalam SE tersebut, masa karantina WNA-WNI yang awalnya 3 hari kini ditambah hingga 7 hari. Mereka juga diwajibkan melakukan tes ulang RT-PCR.

WNA dari 11 Negara Afrika Dilarang Masuk

Demi mencegah masuknya virus Omicron di Indonesia, WNA yang melakukan perjalanan dari negara-negara yang telah terdeteksi varian corona baru Omicron dilarang memasuki Indonesia. Adapun daftar negara yang masuk 'daftar merah' pemerintah antara lain:

  1. Afrika Selatan
  2. Botswana
  3. Namibia
  4. Zimbabwe
  5. Lesotho
  6. Mozambik
  7. Malawi
  8. Angola
  9. Zambia
  10. Hong Kong
  11. Eswatini

WNI dari 11 Negara Boleh Masuk Indonesia Asal

Khusus untuk WNI yang datang dari 11 negara di atas, masih diizinkan masuk ke Indonesia. Namun mereka wajib menjalani karantina selama 14 hari dan menjalani tes ulang RT-PCR.

Kini sudah diketahui langkah pencegahan pemerintah agar virus Omicron di Indonesia tidak masuk. Namun Indonesia tidak akan menerapkan lockdown. Kenapa? simak ulasan di halaman selanjutnya.