Pengemudi Demensia Bawa Mercy Saat Tak Ada Pengawasan Keluarga

Mei Amelia R - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 11:10 WIB
Rachel Vennya diperiksa terkait pelat nomor RFS pada mobil Alphard miliknya. Dinilai salah, Rachel pun dikenakan denda Rp 500 ribu oleh pihak kepolisian.
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengungkap kondisi demensia yang diidap oleh MSD (67), pengemudi Mercy yang lawan arah di Tol JORR Rorotan. MSD keluar membawa mobil tersebut saat ditinggal keluarga seorang diri di rumahnya.

"Jadi orang ini bawa mobil memang tidak diperbolehkan sejak terkena kondisi seperti itu (demensia). Nah kebetulan saat itu keluarga ini sedang tidak dalam pengawasan keluarganya, jadi ditinggalin sendirian di rumah," jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dihubungi detikcom, Senin (29/11/2021).

Berdasarkan keterangan keluarga, MSD baru pertama kali keluar bawa mobil sejak mengalami demensia. Keluarga mengaku kecolongan.

"Jadi ini kejadian pertama kalinya. Jadi nggak nyangka tiba-tiba bawa mobil seperti itu, jadi kecolongan," imbuhnya.

Argo belum bisa memastikan sejak kapan MSD mengidap demensia. Namun, ia menduga MSD belum lama mengidap demensia.

"Sudah lama atau nggaknya, sepertinya belum lama. Karena kondisi demensia ini kan 60 (tahun) ke atas, 60, 65, sampai 85. Artinya kalau sekarang umurnya 66 tahun mungkin 3 tahun sebelumnya sudah mulai bergejala," tuturnya.

Detik-detik Lawan Arah di Tol JORR

Sebelumnya polisi mengungkapkan detik-detik MSD lawan arah di tol. MSD sendiri masuk tol melewati pintu masuk Tol Cakung.

"Dia masuk tol biasa, lewat pintu tol, pintu tol Cakung arah timur. Nge-tap (kartu e-toll) juga," kata Argo kepada detikcom, Senin (29/11).

Kecelakaan terjadi di KM 53.800 Tol JORR Cakung arah selatan. Namun pengemudi Mercy tiba-tiba lawan arah dengan mengakses putaran yang khusus untuk petugas putar balik.

"Sebelum itu, ada potongan (tempat putaran khusus petugas) itu di tengah, nah dia ngambilnya (lawan arah) dari situ. Tiba-tiba lawan arus langsung ngambil jalan itu, kemudian terjadilah kecelakaan itu," ujar Argo.

Dari rekaman CCTV di ruas jalan tol, terpantau pengemudi Mercy ini awalnya masuk seperti pada umumnya.

"Yang pasti kalau dari CCTV, kemudian dari saksi-saksi dan video yang beredar orang ini ya jalan biasa. Tiba-tiba melawan arah berputar arah di putaran yang hanya diperbolehkan untuk petugas, lalu melawan arah.

Peristiwa itu mengakibatkan dua mobil Honda Mobilio dan Toyota Innova. Seorang pengemudi Honda Mobilio mengalami luka ringan akibat kecelakaan tersebut.

Simak video 'Ini Penyebab Pengemudi Mercy Lawan Arah di Tol JORR':

[Gambas:Video 20detik]




Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.