Luhut: Masyarakat Tak Perlu Panik Sikapi Varian Omicron

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 18:54 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Foto: Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengimbau masyarakat untuk tidak panik usai munculnya Corona varian Omicron. Luhut memastikan pemerintah telah mengambil langkah penanganan.

"Saya ingin mengingatkan sekali lagi bahwa masyarakat tidak perlu panik dalam menyikapi varian Omicron. Pemerintah telah mengambil langkah-langkah pengetatan dari kedatangan dari luar negeri dan akan meningkatkan genome sequencing untuk mendeteksi varian Omicron ini," kata Luhut dalam jumpa pers virtual, Minggu (28/11/2021).

Luhut mengajak semua pihak untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Selain itu, penggunaan aplikasi PeduliLindungi juga dimaksimalkan.

"Selain itu peningkatan protokol kesehatan dan kepatuhan terhadap penggunaan PeduliLindungi juga harus ditingkatkan dan upaya ini membutuhkan kerja sama erat dari masyarakat," ujar Luhut.

Luhut lantas berkaca dari upaya bersama dalam menangani varian Delta. Dia meminta semua pihak tak saling menyalahkan.

"Berangkat dari pengalaman kita terakhir menangani delta Varian manakala kita semua kompak bahu-membahu, tidak perlu saling menyalahkan karena apa yang kami putuskan ini juga, pemerintah putuskan telah mendapatkan masukan dari para ahli-ahli epidemiolog-epidemiolog kita, yang telah dari waktu ke waktu menjadi partner pemerintah untuk membuat keputusan penanganan COVID-19 di Tanah Air," ujar Luhut.

Simak video '5 Arahan WHO Usai Temuan Varian Baru Covid-19 Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/gbr)