Sempat Diamankan di Demo DPR, 5 Anggota Pemuda Pancasila Dipulangkan

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 16:17 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 21 anggota ormas Pemuda Pancasila (PP) sempat diamankan polisi dari demo di depan gedung DPR RI, kemarin. Lima orang di antaranya dipulangkan.

"Iya, tadi malam sudah dipulangkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Kemudian, dari 21 orang ini, 16 di antaranya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Ke-16 tersangka itu terdiri dari 15 tersangka kasus kepemilikan senjata tajam dan 1 tersangka pengeroyokan kepada Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali.

Dari lima orang yang telah dipulangkan ini, penyidik tidak menemukan keterlibatan atas pelanggaran tindak pidana. Kelima anggota PP itu hanya berstatus sebagai saksi.

Polda Metro Jaya kini terus menyelidiki kasus demo Pemuda Pancasila (PP) yang berakhir ricuh. Koordinator lapangan (korlap) demo itu pun segera diperiksa.

"Kira akan panggil segera. Tentunya sudah dijadwalkan oleh penyidik," ujar Zulpan.

Zulpan belum membeberkan kapan koordinator lapangan demo PP yang berakhir ricuh itu akan dipanggil. Dia hanya menyebut pemeriksaan kepada korlap dilakukan untuk meminta pertanggungjawaban atas aksi demo berakhir ricuh tersebut.

"Penanggungjawab kita akan minta pertanggungjawaban katakanlah koordinator lapangan yang meminta izin kegiatan tersebut," ujar Zulpan.

Dia meminta korlap demo PP pada Kamis (25/11) di gedung DPR RI bersikap kooperatif. Pihak kepolisian pun telah mengultimatum akan melakukan penjemputan kepada korlap tersebut jika tidak menghadiri panggilan pemeriksaan kepolisian.

"Tentunya Polda Metro akan memanggil. Apabila tidak hadir kita akan jemput yang bersangkutan," ujar Zulpan.

(ygs/mea)