Terbuka Peluang Anggota PP Tersangka Pengeroyok AKBP Dermawan Bertambah

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 14:36 WIB
Polisi sita sejumlah senjata tajam hingga peluru dari ormas Pemuda Pancasila usai demo ricuh di PDR, Kamis (25/11/2021)
Polda Metro Jaya merilis 15 tersangka di kasus demo ricuh Pemuda Pancasila. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Satu orang anggota Pemuda Pancasila (PP) telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pengeroyokan Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali. Polisi memastikan penyelidikan tidak berhenti pada satu tersangka tersebut.

"Satu orang tersangka karena memukul Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya kita kenakan Pasal 170 KUHP. Tersangka pemukulan sedang diperiksa intensif," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Tersangka yang memukul AKBP Dermawan diketahui berinisial RC. Polisi memastikan RC merupakan anggota ormas Pemuda Pancasila.

"Iya (anggota Pemuda Pancasila) dari seragamnya, kemudian pakai atribut lengkap," terang Zulpan.

Dia menyebut proses penyelidikan kini masih berlangsung. Adanya tersangka baru di kasus pengeroyokan AKBP Dermawan terbuka lebar.

"Tidak tertutup kemungkinan akan ada tersangka lain karena dari rekaman yang kami miliki, hasil kejadian di lapangan saat terjadi pemukulan anggota Polda Metro dirawat itu dilakukan tidak sendiri dari tersangka yang kami tahan," ujar Zulpan.

Untuk diketahui, Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali menjadi korban pengeroyokan saat mengamankan demo ormas Pemuda Pancasila (PP) di depan gedung DPR, Jakarta Pusat, yang berakhir ricuh pada Kamis (25/11). Satu orang pelaku ditangkap polisi.

"Ada satu peristiwa tentang dugaan saat pelaksanaan Pasal 170 KUHP (tentang pengeroyokan) saat ini terhadap kejadian pengeroyokan sebagaimana dimaksud di Pasal 170 KUHP sudah diamankan oleh Subdit Jatanras sebanyak satu orang," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (25/11).

Total ada 21 orang anggota ormas PP yang ditangkap polisi imbas demo ricuh. Puluhan orang itu terbagi dalam dua kasus. Kasus pertama berkaitan dengan kepemilikan senjata tajam. Sejauh ini polisi telah menetapkan 16 orang tersangka atas kepemilikan senjata tajam saat demonstrasi di lokasi.

Sementara lima orang lainnya yang sempat diamankan polisi kini telah dipulangkan.

"Iya tadi malam sudah dipulangkan," pungkas Zulpan.

Lihat Video: Polisi Bakal Panggil Penanggung Jawab Aksi PP, Kalau Mangkir Dijemput!

[Gambas:Video 20detik]




(ygs/mea)