detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: PLN Pindah Tiang Jl Raya Perancis Secara Bertahap

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 09:44 WIB
Tiang-tiang PLN di Jl Raya Perancis, kini mulai dipindah dari badan jalan. (Dok PLN UID Banten)
Tiang-tiang PLN di Jl Raya Perancis kini mulai dipindah dari badan jalan. (Dok PLN UID Banten)
Jakarta -

Semula, Pemerintah Kabupaten Tangerang meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencabut tiang-tiang di badan jalan kawasan Jl Raya Perancis yang tengah diperbaiki. Kini PLN memindahkan tiang-tiang itu secara bertahap.

"PT PLN (Persero) UP3 Teluk Naga terus melakukan langkah-langkah pemindahan tiang listrik di Jl Raya Perancis, Kabupaten Tangerang, sebagai salah satu wujud dukungan terhadap upaya penataan infrastruktur kelistrikan," kata Manajer Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN UID Banten, Melva Yusmawati, dalam keterangan tertulis, Jumat (26/11/2021).

Saat ini terdapat tiga segmen yang sedang dilaksanakan proses pemindahan tiang dan sudah dalam proses pengerjaan. Manajer PLN UP3 Teluk Naga, Roxy Swagerino, menyampaikan, dari tiga segmen ini, satu segmen telah dilakukan pemindahan 100 persen, tersisa segmen 2 dan 3 yang saat ini masih dalam proses 30 persen pengerjaan.

PLN UP3 Teluk Naga terus melakukan koordinasi mengenai proses pemindahan tiang listrik dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang serta dinas terkait.

"Memang awalnya kita terkendala oleh proses penebangan pohon, namun saat ini progres sedang berjalan dan pemindahan tiang bertahap terus dilakukan. Hal ini bertujuan demi keselamatan juga kenyamanan masyarakat dan selaras juga dengan yang ditargetkan oleh Pemkab Tangerang," tambah Roxy.

Saat ini di Jl Raya Perancis memang ada beberapa tiang yang kondisinya perlu perhatian. Namun, PLN menjelaskan, tidak semua tiang milik PLN. Ada pula tiang milik instansi lain.

"Kami terus mengimbau partisipasi masyarakat, khususnya pengguna jalan yang melintas di Jl Perancis, Kabupaten Tangerang, untuk tetap waspada dalam berkendara dengan selalu memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan. Diharapkan masyarakat juga bisa turut berperan serta menjaga aset kelistrikan untuk keamanan dan kenyamanan bersama" kata Roxy.

Selain permukaan jalan yang hancur, Jl Raya Perancis di Kabupaten Tangerang juga punya masalah tiang-tiang listrik yang berdiri di tengah jalan. Pemerintah Kabupaten Tangerang ingin membereskan masalah tiang listrik yang berbahaya itu.

Pemkab Tangerang menyatakan tiang-tiang itu adalah milik PLN. Maka, terlebih dahulu, Pemkab akan menyurati PLN selaku pemilik tiang listrik itu.

Tiang-tiang PLN di Jl Raya Perancis, kini mulai dipindah dari badan jalan. (Dok PLN UID Banten)Tiang-tiang PLN di Jl Raya Perancis, kini mulai dipindah dari badan jalan. (Dok PLN UID Banten)

"Soal tiang-tiang, sudah disurati ke PLN untuk dipindahkan," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Slamet Budhi Mulyanto kepada detikcom, Selasa (16/11).

Ada sekitar 20 tiang yang berada di tengah Jl Raya Perancis ini. Sebagian tiang sudah miring-miring, bahkan ada pula yang sudah roboh. Namun, berdasarkan keterangan PLN, tidak semua tiang di Jl Raya Perancis milik PLN.

(dnu/aik)