detik's Advocte

Apakah Ibu Tiri Dapat Bagian Harta Bawaan Mama dan Papa Kandung Saya?

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 09:32 WIB
Wilson Pompana
Wilson Pompana (dok.pri)
Jakarta -

Permasalahan waris kerap mendatangkan masalah, terutama soal pembagiannya. Salah satunya dialami oleh pembaca detik's Advocate.

Hal itu menjadi pertanyaan pembaca detik's Advocate yang dikirim ke e-mail: redaksi@detik.com dan di-cc ke andi.saputra@detik.com Berikut pertanyaan lengkapnya:

Saya ingin bertanya:

Mama kandung saya sudah meninggal. Meninggalkan suami dengan 5 anak perempuan kandung. Ortu kedua belah pihak papa dan mama saya sudah meninggal semua dan saudara laki-laki dari pihak papa kandung saya sudah meninggal semua.

Papa saya menikah lagi dengan seorang janda dengan 2 anak perempuan (bukan anak kandung papa saya). Mereka menikah dengan masing-masing membawa harta dan sebelum menikah bikin surat perjanjian pranikah.

Ibu tiri saya menuntut untuk dibagikan harta bawaan papa kandung dengan mama kandung saya (atas nama mama kandung saya, ahli warisnya adalah suami dan 5 anak perempuan kandung). Sesudah dibikin sertifikat atas nama papa saya plus 5 anak perempuan kandung.

Menurut hukum Islam, apakah ibu tiri saya berhak dapatkan harta bawaan papa kandung dan mama kandung saya?

Untuk menjawab masalah di atas, tim detik's Advocate meminta pendapat hukum advokat Wilson Pompana, S.H. Berikut jawaban lengkapnya: