Kajati Banten Minta Kepala Dinas di Cilegon Lapor Jika Ada Jaksa Nakal

M Iqbal - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 15:31 WIB
Kajati Banten Reda Manthovani
Reda Manthovani (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Reda Manthovani meminta Kepala Dinas di Cilegon berani melapor jika ada jaksa nakal. Pihaknya akan menindaklanjuti jika ada laporan dari pemerintah terkait laporan jaksa nakal itu.

Reda mengatakan pihaknya tak menginginkan ada jaksa yang dilaporkan karena menyalahi tugasnya sebagai jaksa. Jika terbukti ada jaksa nakal, Reda tak segan-segan akan memindahkan jaksa tersebut.

"Nanti inspektorat bisa kasih informasi ke kita, saya nggak mau di sini ada jaksa nakal yang bermain," kata Reda saat penandatanganan MoU antara Kejari dan Pemkot Cilegon terkait pencegahan korupsi di Cilegon, Kamis (25/11/2021).

"Misalnya contoh ada jaksa yang macam-macam, laporkan saja," lanjutnya.

Reda mencontohkan ada seorang jaksa di Cilegon yang dilaporkan soal kelakuannya saat menjabat Kasi Intelijen di Kejari Cilegon. Berkat laporan itu, pejabat tersebut dipindah ke Kejari Muara Dua, Sumatera Selatan, beberapa waktu lalu.

"Seperti kasi intel Cilegon dipindah karena menurut informasi di media ada sesuatu," ujarnya.

Selain melaporkan jaksa nakal, Reda mengingatkan para Kepala Dinas agar berhati-hati terkait pelaksanaan kebijakan. Dia mengingatkan jangan sampai tidak tenang saat pensiun nanti.

"Sebisa mungkin diselaraskan dengan aturan yang ada sehingga Bapak/Ibu semua lebih tenang, lebih tenang pensiunnya," kata dia.

Sementara, terkait penandatanganan kerja sama pencegahan korupsi di Pemkot Cilegon, lanjut Reda harus dilakukan secara bertahap. Dia mengakui pencegahan korupsi bukan perkara mudah.

"Ini upaya yang berat tau harus dilakukan, pelan tapi pasti, yang cepet di Indonesia ini memang agak susah perlu step by step, kalo nggak Pak Wali langsung kejungkel," ujarnya.

(bal/lir)