detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Tolong! Sampah Masih Sumbat Got di Jati Rahayu Bekasi

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 13:08 WIB
Sampah di Jl Pintu Air, Jati Mulya, Kota Bekasi, dikeluhkan warga, 25 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Sampah di Jl Pintu Air, Jati Mulya, Kota Bekasi, dikeluhkan warga, 25 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Bekasi -

Sampah menumpuk di saluran air Jl Pintu Air, Kelurahan Jati Rahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi. Sampah got ini sudah lama menumpuk dan terus bertahan di musim hujan seperti saat ini.

Potret lokasi ini sudah dipantau mata kamera detikcom, dua pekan lalu, yakni Kamis (11/11) lalu. Kini, sampah masih saja menumpuk di lokasi.

Kamis (25/11/2021), detikcom Do Your Magic melihat tumpukan sampah memenuhi aliran saluran air yang berada dekat Pasar Pondok Gede ini. Lokasi tumpukan sampah persis di persimpangan Jl Pintu Air dengan Jl Raya Jati Makmur.

Sampah terdiri dari sampah rumah tangga dan plastik serta botol minuman. Tak hanya itu, tumpukan sampah tersebut pun membuat air di saluran itu berubah menjadi warna hitam kecokelatan.

Bau tak sedap pun keluar dari saluran air tersebut dan menimbulkan kerumunan lalat yang begitu banyak.

Sampah di Jl Pintu Air, Jati Mulya, Kota Bekasi, dikeluhkan warga, 25 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Sampah di Jl Pintu Air, Jati Mulya, Kota Bekasi, dikeluhkan warga, 25 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Antoni (45), salah satu warga, mengatakan tumpukan sampah tersebut sudah sejak dua tahun terakhir dibiarkan begitu saja.

"Sudah banyak yang datang bahkan memfoto sampah tersebut, akan tetapi tidak ada tindak lanjut dari pemerintah setempat untuk mengangkut sampah itu," ujarnya saat ditemui.

Sampah di Jl Pintu Air, Jati Mulya, Kota Bekasi, dikeluhkan warga, 25 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Antoni, warga yang bicara soal sampah di Jl Pintu Air, Jati Mulya, Kota Bekasi, 25 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Jembatan Jl Raya Jati Makmur di atas got selebar sekitar 1,5 meter ini terlihat rendah. Sampah-sampah mudah menyangkut di got dangkal ini. Sepanjang Jl Pintu Air, kondisinya menjadi kotor.

"Karena di situ kan sangat kecil sekali, dan juga kalau hujan pasti jadi banyak tumpukan sampah yang kebawa oleh air hujan," terangnya.

Pihaknya pun meminta agar permasalahan tersebut segera bisa diselesaikan oleh Pemkot Bekasi. Gara-gara tersumbat sampah, air got ini acap kali meluap ke jalan yang tak jauh dari pasar ini, apalagi kalau hujan deras mengguyur. Got ini harus dibersihkan demi #CegahBanjir.

"Ya kita minta supaya dibersihkanlah sampahnya, karena kalau dibiarkan gitu aja jadi susah di kita," katanya.

(dnu/dnu)