detikcom Do Your Magic

Sampah Selapangan Bola di Bekasi Diangkut Sebagian, Sisanya Ditutup Tanah

Afzal Nur Iman - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 11:03 WIB
Sampah seluas lapangan sepak bola di Kampung Caman Kota Bekasi, ditutup dengan tanah merah.
Sampah seluas lapangan sepakbola di dekat gerbang Tol Kalimalang 1, Kampung Caman, Kota Bekasi, ditutup dengan tanah. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Kota Bekasi - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tidak mengangkut seluruh sampah di lokasi tumpukan seluas lapangan bola di dekat Gerbang Tol Kalimalang 1, Kampung Caman. Sisa sampah yang tertinggal di lokasi ditutup dengan tanah merah.

"Kalau dikalkulasi dari awal, kita lakukan pengangkutan ada sekitar 50 mobil, dan sebagian kita lakukan cover soil dengan tanah merah agar tidak bau," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Dahrun, saat dihubungi, Senin (22/2/2021).

Dahrun beralasan, lahan TPA Sumur Batu tak mampu menampung seluruh sampah dari Kampung Caman sehingga mereka akhirnya menutup tumpukan sampah tersebut.

"Karena keberadaan lahan TPA Sumur Batu yang sudah overload, maka pengangkutan dilakukan sebagian," katanya.

Proses pengangkutan sampah, disebut Dahrun, telah selesai dikerjakan. Diangkut menggunakan enam truk secara bergantian.

"(Diangkut) Jumat (19/2) pagi dan Sabtu (20/2)," kata Dahrun

"Tidak ada (proses pengangkutan sampah lagi)," ujarnya.

Pantauan detikcom di lokasi, tidak terlihat alat berat yang beberapa hari lalu ada di lokasi. Truk-truk pengangkut sampah pun sudah tidak disiapkan.

Penutupan sampah tidak dilakukan dengan sempurna, masih terlihat sampah-sampah di tumpukan tanah tersebut. Selain itu, ada sampah-sampah yang tidak terutup dan berada di pinggiran tanah merah.

Meski sudah ditutup dengan tanah, bau tak sedap masih tercium dari lokasi yang sebelumnya jadi tumpukan sampah.

Sampah seluas lapangan sepak bola di Kampung Caman Kota Bekasi, ditutup dengan tanah merah.Sampah seluas lapangan sepakbola di Kampung Caman, Kota Bekasi, ditutup dengan tanah merah. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Lihat videonya 'Sampah Seluas Lapangan Bola Ada di Bekasi':

[Gambas:Video 20detik] (aik/dnu)