Soal Usul Natuna Jadi Provinsi, Mendagri Sebut Anggaran Terdampak Pandemi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 07:13 WIB
Mendagri Tito Karnavian usai pertemuan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung, Minggu (31/10/2021).
Mendagri Tito Karnavian (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Mahfud dan Tito juga meninjau vaksinasi massal yang sedang berjalan di sana. Setelah itu, mereka menuju Kecamatan Pulau Laut untuk mengecek Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA).

Sebagaimana diketahui, pada 2020, Wabup Natuna Ngesti Yuni Suprapti berharap Kabupaten Natuna menjadi provinsi khusus. Dia menyebut status provinsi akan memperluas kewenangan dalam penanganan urusan laut.

Di Natuna, diketahui kerap didapati kapal asing yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing). Termasuk kasus pelanggaran yang dilakukan kapal coast guard China yang melewati batas zona ekonomi eksklusif (ZEE) saat mengawal kapal ikan asing melakukan illegal fishing.

"Kami mengusulkan juga untuk memperkuat wilayah status Natuna yang kabupaten menjadi provinsi. Karena bagaimana pun wilayah provinsi nantinya akan mempunyai kewenangan yang lebih tinggi dibanding kabupaten," ujar Wabup Natuna, Ngesti, saat dihubungi, Sabtu (4/11).


(dek/aud)