MKD DPR Ingatkan Arteria: Kalau Hadiri Panggilan Polisi, Anda Rusak Sistem

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 13:14 WIB
Jakarta -

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman mengatakan Arteria Dahlan, anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP, akan merusak sistem hukum jika hadir ke Mapolres Bandara Soekarno-Hatta begitu saja untuk memenuhi panggilan polisi soal ribut-ribut dengan Anggiat Pasaribu. Mengapa demikian?

"Ya, saya sudah ketemu Pak Arteria semalam. Waktu rapat Panja UU Kejaksaan. Beliau pengin sekali hadir, tapi saya katakan ke Pak Arteria, 'Kalau Anda hadir, berarti Anda merusak sistem'," kata Habiburokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat (Jakpus), Rabu (24/11/2021).

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra itu juga mengingatkan Arteria Dahlan bahwa kehadirannya ke mapolres untuk dimintai keterangan akan menyalahi Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

"Saya ingatkan ke Pak Arteria, 'Kalau Anda memang dipanggil dan hadir, bukan Anda memposisikan diri equality before the law, bukan', karena undang-undang telah mengatur demikian," kata Habiburokhman.

"UU MD3 Pasal 245 itu kan ya jelas bahwa anggota DPR kalau dipanggil mesti lewat MKD, tetapi sekarang lewat Presiden kecuali untuk Tipikor atau narkoba, ya, tindak pidana khusus," ujarnya.

Dalam UU MD3 memang diatur pemeriksaan anggota DPR harus melalui izin tertulis Presiden. Habiburokhman melanjutkan, tidak jadi persoalan apabila Arteria Dahlan menyambangi Mapolres Bandara Soetta untuk mendampingi ibunya. Namun akan jadi masalah jika polisi langsung memeriksa Arteria Dahlan.

"Kalau Pak Arteria mau datang, misalnya dalam konteks mau mendampingi ibunya, ya silakan saja. Tapi kalau anggota DPR dipanggil tanpa lewat Presiden itu namanya melanggar undang-undang," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya akan menentukan sikap dalam merespons kasus Arteria Dahlan yang berujung pada pemenuhan pemanggilan oleh kepolisian.

"Kita tentu akan menentukan respons kalau ini terjadi," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Polres Bandara Soekarno-Hatta memanggil Arteria Dahlan terkait cekcok dengan wanita mengaku anak jenderal bintang tiga TNI. Arteria menyebut bakal memenuhi panggilan polisi tersebut.

"Iya, saya hadir (panggilan polisi)," kata Arteria kepada wartawan, Selasa (23/11/2021) malam.

Namun polisi menyatakan pemeriksaan Arteria Dahlan hari ini diundur ke pekan depan.

(gbr/zak)