detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Sampah Kali Jambe Dekat Rest Area Tol Sudah Diangkut

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 12:03 WIB
Kali Jambe pada aliran di belakang Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, dekat RPH Jatimulya, Kabupaten Bekasi, 24 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Kali Jambe pada aliran di belakang Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, dekat RPH Jatimulya, Kabupaten Bekasi, 24 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Bekasi -

Kali Jambe di belakang Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek ini sempat tertutup sampah. Kini, sampah yang menumpuk di sudut Kabupaten Bekasi itu sudah diangkut dari badan sungai.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi aliran Kali Jambe yang dulu penuh sampah, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu (24/11/2021), terlihat sampah di Kali Jambe sudah jauh lebih sedikit.

Tidak ditemukan adanya tumpukan sampah yang menggunung seperti sebelumnya. Kini, aliran air kali pun sudah dapat mengalir dengan deras tanpa ada hambatan sampah yang menumpuk.

Kendati begitu, setelah pembersihan Kali Jambe, tampak air tersebut berwarna hitam dan masih mengeluarkan bau yang tak sedap. Selain itu, juga masih terlihat sedikit sisa sampah yang belum terangkut oleh petugas.

Kali Jambe pada aliran di belakang Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, dekat RPH Jatimulya, Kabupaten Bekasi, 24 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Kali Jambe pada aliran di belakang Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, dekat RPH Jatimulya, Kabupaten Bekasi, 24 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Sebelumnya, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Trantib) Kelurahan Jatimulya, Ismail Darmawan, mengatakan pengerukan Kali Jambe akan terus dijalankan.

"Iya untuk pengerukan sendiri kita terus melakukan prosesnya hingga Desember mendatang, artinya kita ingin agar kali ini tidak menimbulkan sampah yang menumpuk dan nantinya akan menjadi penyebab banjir," kata Ismail Darmawan saat dihubungi detikcom, Selasa (9/11) lalu.

(dnu/dnu)