detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Sampah Kali Jambe Bikin Bisulan Petugas Kebersihan

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 13:57 WIB
Sampah rumah tangga menutupi aliran kali di Jatimulya, Tambun, Kabupaten Bekasi, Senin (18/10/2021). Begini penampakannya.
Sampah di Kali Jambe, belakang Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Bekasi. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Bekasi -

Sampah yang menumpuk di Kali Jambe menyisakan cerita, lebih tepatnya menyisakan penyakit, bagi para petugas kebersihan. Joroknya Kali Jambe sampai membuat petugas terserang bisul bernanah.

Sampah rumah tangga, kayu, batang ranting pepohonan, dan kotoran rumah pemotongan hewan menutupi Kali Jambe di belakang Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, samping Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Jatimulya, Kabupaten Bekasi.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Trantib) Kelurahan Jatimulya, Ismail Darmawan, mengatakan bahwa pihaknya sudah berupaya untuk melakukan pengerukan sampah yang berada di Kali Jambe tersebut.

"Kemarin pernah dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Bekasi melakukan pembersihan secara manual, itu petugasnya nyebur ke kali sampe bisulan dan bernanah," ujarnya saat ditemui di Kantor Kelurahan Jatimulya, Senin (1/11/2021).

Ia menerangkan, pengangkutan sampah tersebut tidak dapat dilakukan secara manual, lantaran aliran kali sudah tercampur oleh limbah industri yang dapat membahayakan manusia.

"Karena kalau manusia yang turun langsung itu berbahaya karena sudah tercampur dengan limbah dan harus alat berat yang turun langsung," jelasnya.

Sampah di Kali Jambe aliran belakang Rest Area M 19 Tol Jakarta-Cikampek, 1 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)Sampah di Kali Jambe aliran belakang Rest Area M 19 Tol Jakarta-Cikampek, 1 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)

Oleh karena itu, ia pun meminta agar pengerukan yang berlangsung di RPH Jatimulya dapat dilakukan dengan menggunakan alat berat.

"Ya kemungkinan besar akan kita tertibkan untuk kawasan di sana, karena agar akses alat beratnya dapat masuk ke Kali Jambe yang berada di RPH," terangnya.

(dnu/dnu)