Kepedulian Jokowi Berbuah SBY Ucap Terima Kasih Tak Terhingga

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 20:42 WIB

Bantuan Jokowi

Ditarik ke belakang, SBY memang pernah menelepon Jokowi sebelum berangkat ke AS untuk menjalani perawatan. Hal itu diungkapkan Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan.

"Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri," kata Ossy Dermawan, dalam keterangannya, Selasa (2/11/2021).

Ossy mengatakan Jokowi telah memberi respons baik. Jokowi menyampaikan akan ada dua dokter Kepresidenan yang mendampingi pengobatan SBY.

"Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota tim dokter kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," katanya.

Tak hanya itu, biaya pengobatan SBY secara penuh ditanggung negara. Namun hanya SBY, sementara pihak keluarga di luar suami-istri tidak ditanggung.

"Itu ditanggung sendiri. Di dalam aturannya, keluarga hanya mencakup suami atau istri dari kepala negara dan mantan kepala negara. Biaya pengobatan full ditanggung negara," kata Stafsus Mensesneg Faldo Maldini kepada wartawan, Senin (8/11/2021).

Faldo menjelaskan, biaya pengobatan mantan kepala negara ditanggung negara sudah diatur dalam undang-undang. Selain itu, tim dokter kepresidenan dan fasilitas pengamanan disiapkan.

"Sudah ada regulasinya. UU Nomor 7 Tahun 1978 tentang biaya pengobatan kepala negara dan mantan kepala negara akan ditanggung oleh negara. Fasilitas dokter kepresidenan yang diatur lewat Perpres Nomor 18 Tahun 2018, sekaligus fasilitas pengamanan di PP Tahun 59 Tahun 2008. Regulasinya semuanya sudah ada, kita tinggal jalankan saja," ujar Faldo.

SBY dan Jokowi disebut pilih tinggalkan tradisi dendam antar-pemimpin. Simak di halaman selanjutnya.