SBY Sampaikan Langsung Kondisinya Usai Jalani Operasi Besar Kanker Prostat

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 09:10 WIB
Jakarta -

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah selesai menjalani operasi kanker prostat di Mayo Clinic, Amerika Serikat (AS). SBY menyampaikan langsung kondisi pasca-operasi.

Pernyataan SBY itu diunggah dalam sebuah video melalui akun @aniyudhoyono, Selasa (23/11/2021). SBY mengatakan sudah menjalani operasi besar terkait kanker prostat.

"Saat ini saya berada di Mayo Clinic, Rochester, AS, Rochester adalah kota kecil di negara bagian Minnesota di mana rs Mayo berada, hingga saat ini saya masih mendengar keingintahuan saudara-saudara saya, masyarakat saya di Indonesia atas kondisi kesehatan karena semua tahu saya tengah menjalani pengobatan di Mayo Clinic, AS, atas penyakit kanker prostat yang saya derita," ucap SBY dalam video tersebut.

"Dengan pertolongan Allah SWT serta doa dari saudara-saudara masyarakat Indonesia alhamdulillah saya telah menjalani tindakan medis, operasi besar, major operation untuk mengangkat prostat saya yang di dalamnya ada sel-sel kanker," imbuhnya.

SBY mengatakan operasi berjalan dengan baik dan lancar. SBY menuturkan saat ini dirinya masih dalam pemulihan dan kontrol ke Mayo Clinic.

"Pascatindakan medis ini, major surgery saya masih melakukan pemulihan atau recovery setelah operasi besar itu yang saya lakukan di Rochester, hari ini saya juga melakukan control. Sejauh ini pascatindakan yang dilaksanakan 11 hari yang lalu tim dokter menyimpulkan bahwa apa yang saya alami sesuai perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat," kata SBY.

(idn/haf)