Tersangka Kasus Pembunuhan TNI di Depok Segera Disidang

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 19:51 WIB
Pelaku pembunuhan anggota TNI di Depok dihadirkan di jumpa pers Polresta Depok
Pelaku pembunuhan anggota TNI di Depok dihadirkan di jumpa pers Polresta Depok (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Berkas tersangka Ivan Viktor Dethan dalam kasus pembunuhan anggota TNI Sertu Yorhan lopo dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Negeri Depok. Berkas tersebut lalu diserahkan tahap II tersangka dan barang buktinya ke jaksa penuntut umum Kejari Depok oleh penyidik Polres Depok dan bakal segera disidangkan.

"Ivan Viktor Dethan (28), yang sebelumnya ditetapkan tersangka oleh penyidik Polres Metro Depok pada Senin 21 November 2021 telah diserahkan kepada Jaksa Peneliti Kejari Depok beserta barang bukti pisau yang digunakan untuk melakukan perbuatannya," ujar Kasi Intel Kejari Depok, Andi Rio Rahmat, pada Senin (22/11/2021).

Dalam kasus ini, Kasi Intel Kejari Depok Andi Rio Rahmat menyatakan Kejaksaan Negeri Depok telah memerintahkan 3 jaksa penuntut umum untuk menangani perkara tersebut. Terdiri atas Alfa Dera, Adhi Prasetya Handono, dan Ramdhan.

"Kami telah menunjuk tiga jaksa penuntut umum untuk melakukan pemeriksaan tersangka dan barang bukti yang diserahkan Penyidik Polres Metro Depok," kata Andi.

Kemudian tersangka Ivan ditahan di rumah tahanan negara selama 20 hari ke depan. Selanjutnya, jaksa akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Depok untuk menjalani proses persidangan.

Ivan Viktor Dethan (28) akan didakwa dengan tiga pasal, yakni kesatu primer Pasal 338 KUHP subsider Pasal 351 ayat 3 KUHP dan kedua Pasal 351 ayat 1 KUHP.

Sebelumnya diberitakan, penemuan mayat pria di Jl Patoembak, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, pada Kamis (23/9) pagi lalu membuat geger warga. Korban ditemukan tidak bernyawa dengan luka tusuk di bagian dada.

Belakangan diketahui, korban adalah Sertu Yorhan Lopo, anggota Satuan Menzikon Puziad TNI AD. Selain Yorhan, satu orang lainnya berinisial A mengalami luka tusuk di bagian paha.

Polisi kemudian bergerak menyelidiki pembunuhan itu. Kurang dari 24 jam, pelaku pembunuhan bernama Ivan Victor Detham (28) ditangkap polisi pada Kamis (23/9) sekitar pukul 10.30 WIB di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

(yld/dhn)