Kasus Pembunuhan TNI di Depok Belum Disidang, Jaksa Masih Teliti Berkas

ADVERTISEMENT

Kasus Pembunuhan TNI di Depok Belum Disidang, Jaksa Masih Teliti Berkas

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 12:35 WIB
Pelaku pembunuhan anggota TNI di Depok dihadirkan di jumpa pers Polresta Depok
Pelaku pembunuhan anggota TNI di Depok dihadirkan di jumpa pers Polresta Depok. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Jaksa pada Kejaksaan Negeri Depok (Kejari Depok) menerima berkas pelimpahan tahap I terkait kasus pembunuhan dan penganiayaan anggota TNI di Depok atas nama korban Sertu Yorhan Lopo dan satu masyarakat sipil Adam Y Sesfao. Jaksa akan meneliti berkas tersebut.

"Pelimpahan berkas perkara tahap pertama atas nama tersangka tersangka Ivan Victor Dethan alias Ivan (28) diserahkan dengan surat pengantar Nomor: B/6529/X/RES.1.7/2021/Reskrim tanggal 28 Oktober 2021 yang diterima di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kejaksaan Negeri Depok pada Kamis, 28 Oktober 2021," kata Kasi Intel Kejari Depok Andi Rio Rahmat Rahmatu mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Depok Sri Kuncoro, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/10/2021).

Selanjutnya, berkas tersebut akan diteliti oleh jaksa peneliti Alfa Dera dan Adhi Prasetya, yang ditunjuk untuk menentukan apakah berkas perkara tersebut dinyatakan lengkap atau belum secara formil maupun materiil. Adapun bila hasil penelitian itu dirasa ada yang kurang, jaksa akan memberikan petunjuk ke penyidik.

"Jika dalam proses penelitian dirasa perlu, jaksa akan memberikan petunjuk kepada penyidik guna kelengkapan berkas perkara apabila ada kekurangan formil atau materiil atas berkas perkara yang dikirim penyidik tersebut. Dan apabila berkas oleh jaksa peneliti telah lengkap, jaksa akan menyatakan P21 atau lengkap dan meminta penyidik menyerahkan tersangka dan barang bukti untuk dapat dilakukan penuntutan ke persidangan oleh jaksa," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, penemuan mayat pria di Jl Patoembak, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, pada Kamis (23/9) pagi lalu, membuat geger warga. Korban ditemukan tidak bernyawa dengan luka tusuk di bagian dada.

Belakangan diketahui korban adalah Sertu Yorhan Lopo, anggota Satuan Menzikon Puziad TNI AD. Selain Yorhan, satu orang lainnya berinisial A mengalami luka tusuk di bagian paha.

Polisi kemudian bergerak menyelidiki pembunuhan itu. Kurang dari 24 jam, pelaku pembunuhan bernama Ivan Victor Detham (28) ditangkap polisi pada Kamis (23/9) sekitar pukul 10.30 WIB di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.


Korban Hendak Lerai Keributan

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Imran Edwin Siregar mengatakan pembunuhan itu diawali adanya konflik antara M dan A. Korban datang ke lokasi bermaksud melerai keributan tersebut.

"Awal kejadian antara inisial M dengan A yang berkonflik, sehingga konflik tersebut berkelanjutan," kata Kombes Imran kepada wartawan di kantornya, Jl Raya Margonda, Depok, Jumat (24/7/2021).


Tewas Luka Tusuk di Dada

Ketika terlibat konflik, saat itu M memanggil teman-temannya dari Jakarta Selatan, salah satunya tersangka Ivan. Mereka kemudian terlibat percekcokan hingga Ivan mengeluarkan pisau.

"Tiba-tiba korban ini datang untuk melerai, niatnya baik, untuk melerai, tetapi secara spontanitas tersangka langsung menusukkan pisau tepat di dada sebelah kiri korban sehingga korban meninggal dunia," katanya.

(yld/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT