Polisi: Pelaku Menyesal Saat Teringat Lagi Pembunuhan TNI di Depok

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 15:55 WIB
Rekonstruksi pembunuhan TNI di Cimanggis, Depok
Rekonstruksi pembunuhan TNI di Cimanggis, Depok (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Tersangka Ivan Victor Dethan (28) hanya tertunduk saat dihadirkan dalam rekonstruksi kasus pembunuhan anggota TNI, Sertu Yorhan Lopo. Polisi menyebut pelaku menyesal ketika mengingat kejadian pembunuhan itu.

"Tersangka juga terlihat seperti menyesali lagi, karena mengingat-ingat kejadian yang sudah dia lakukan sehingga dia menyesali perbuatannya," kata Kasat Reskrim Polres Metro Depok AKBP Yogen Heroes di Polres Metro Depok, Jumat (8/10/2021).

Rekonstruksi digelar di Polres Metro Depok, Jl Margonda Raya, Depok, siang tadi. Rekonstruksi diperagakan langsung oleh tersangka dan saksi.

Yogen menerangkan, rekonstruksi dilakukan sesuai dengan fakta di berita acara pemeriksaan (BAP). Yogen menyebut tersangka spontan menusuk Sertu Yorhan Lopo karena tidak mengetahui bahwa korban adalah anggota TNI.

"Iya jadi memang sesuai dengan fakta di BAP bahwa tersangka spontan melakukan itu karena tidak mengetahui bahwa korban adalah anggota TNI pada saat itu," ungkapnya.

19 Adegan Rekonstruksi

Runtutan peristiwa pembunuhan itu terangkum dalam 19 adegan rekonstruksi. Menurut Yogen, rekonstruksi berjalan dengan lancar hari ini.

"Ya jadi pada hari ini kita telah selesai melaksanakan rekonstruksi kasus 338, pembunuhan anggota TNI, tersangka sudah melaksanakannya dengan 19 adegan ya sudah berjalan dengan lancar," kata Yogen.

Diketahui, peristiwa pembunuhan ini terjadi di Cimanggis, Depok, saat warga bernama Majer terlibat cekcok dengan warga bernama Adam di depan gudang dekat rumah Adam. Cekcok itu membuat Majer sampai mengeluarkan pisau. Karena membela diri, Adam kemudian menendang Majer hingga terjatuh.

"Maksudnya apa? kata saksi Majer ke korban luka (Adam). Saksi Majer mengeluarkan pisau, korban luka (Adam) menendang saksi Majer pakai kaki kanan, saksi Majer langsung jatuh," kata penyidik saat membacakan adegan 1 dan 2 di rekonstruksi.


Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.