Kontroversi MUI DKI Bentuk Cyber Army Bela Ulama-Anies

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 21:05 WIB
kejahatan cyber
Ilustrasi cyber army (Foto: Internet)

Dia beranggapan cyber army yang dibentuk MUI DKI itu berlebihan. Dia menganggap MUI DKI menjadi tunggangan demi kepentingan politik Anies.

Selain kritik, ada juga yang mendukung langkah MUI DKI membentuk cyber army untuk membela Anies. Salah satu yang mendukung adalah Gerindra DKI.

"Sebenarnya keberadaan buzzer ini kan sudah bukan hal yang gimana-gimana lagi ya. Jadi kalau MUI mau buat tim buzzer ya tidak jadi masalah juga, kan selama peruntukannya masuk akal dan tidak lebay alias berlebihan, sehingga dapat dinilai kurang pas dengan visi-misi MUI sendiri," kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Rani Mauliani.

PAN juga mendukung MUI DKI membuat cyber army untuk melawan buzzer yang menyebarkan hoax. Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi PAN Zita Anjani mengatakan PAN menyambut baik langkah MUI DKI sebagai pemersatu umat.

"Langkah MUI ini kita sambut dengan baik, karena MUI ini pemersatu umat, khususnya yang beragama islam. Islam di Indonesia sepembelajaran saya itu kan rahmatan lil alamin Islam tengah, wasatiah. Jadi penting peran MUI menjaga suhu politik, terlebih di DKI," ujarnya.

"Terkait bela Pak Anies, siapa pun pasti dibela asal substansinya benar, dan yang dibela itu kebenarannya, bukan soal individu. Saya rasa itu poinnya," sambung Zita.

MUI Bantah Cyber Army Terkait Hibah Rp 10,6 M

Ketua Umum MUI DKI KH Munahar Muchtar menepis tudingan cyber army itu karena dana hibah Rp 10,6 miliar. Munahar mengatakan tim itu dibuat karena maraknya pemberitaan saat ini yang dapat memecah-belah, terutama umat Islam dan ulama.

"Dalam rapat dengan Bidang Infokom MUI DKI Jakarta (11/10) yang lalu, selain membicarakan program ke depan, juga membicarakan tentang makin banyaknya berita-berita yang terkadang ada indikasi memecah-belah anak bangsa, terutama umat Islam dan ulama," kata Munahar.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "PPP-PKB Kritik Langkah MUI DKI Bentuk Tentara Cyber Bela Anies"
[Gambas:Video 20detik]