Dispora DKI Ajukan Rp 2,7 M untuk Y20, Panitia Yayasan Besutan Ketua DPW PSI

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 07:55 WIB
Anggota DPRD Fraksi PDIP Jhonny Simanjuntak
Jhonny Simanjuntak (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta, Jhonny Simanjuntak mengatakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta mengalokasikan anggaran Rp 2,7 miliar (M) untuk Forum Internasional Youth 20 Summit 2022 mendatang. Jhonny mengatakan program yang diajukan Dispora itu tidak ada pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan RPJMD.

"Kita kan juga dapat arahan juga bahwa program-program yang tidak ada di RKPD dan tidak ada di RPJMD kita ajukan jangan dipaksakan, tapi alasan dari Dispora itu bahwa ini kan mereka sudah audiensi dengan Gubernur, yang menjadi pegangan mereka. Saya pikir ini menjadi kegiatan Indonesia sebagai tuan rumah itu kan domainnya pemerintah pusat ya. Ngapain kita DKI coba-coba," kata Jhonny kepada wartawan, Sabtu (20/11/2021).

Forum Internasional Youth 20 Summit 2022 atau Y20 ini merupakan rangkaian acara G20 tahun depan. Kemenpora menunjuk Indonesia Youth Diplomacy (IYD) sebagai penyelenggara Y20. Ketua IYD diketahui Michael Sianipar yang juga Ketua DPW PSI DKI Jakarta.

Jhonny kemudian menyoroti kepanitiaan itu. Dia tidak ingin ada konflik kepentingan dalam acara ini.

"Kebetulan dari panitianya ini kan Ketua DPW PSI, Michael itu. Peran dia sebagai ketua partai, walaupun nggak bawa partai, kedudukan apapun dia akan terus mengalir, jabatan dia itu nggak bisa dibilang 'saya atas nama ini'," kata Jhonny.

Politikus PDIP itu menjelaskan awalnya Dispora mengajukan Rp 3,8 miliar. Akan tetapi banyak anggota DPRD yang menolak akhirnya disetujui Rp 2,7 miliar.

"Nah, waktu itu diajukan Rp 3,8 miliar, akhirnya anggota DPRD saling apa juga lah ya, sebagian anggota DPRD termasuk kita-kita ini apakah tidak pemborosan, Rp 3,8 m, akhirnya kan terjadi kompromilah, karena intinya kita katakan ini pemborosan, kemudian kenapa sih melibatkan DKI sampai begitu besar. Ini katanya kegiatan, ini kita khawatir terjadi conflick of interest juga, ya nggak," sebut dia.

Menurut Jhonny, manfaat dari Y20 itu tidak begitu besar. Terlebih dilaksanakan pada saat pandemi Corona.

"Tapi manfaatnya tidak begitu besar dalam kondisi sekarang, saya melihatnya seperti itu. Jadi akhirnya menjadi turun, (2,7)," kata dia.

Lebih lanjut, Jhonny mengatakan kesepakatan alokasi anggaran sebesar Rp 2,7 untuk Y20 akan dibawa ke Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI. Dia berharap agar ada putusan yang terbaik.

"Tapi kita nggak tahu juga, nanti kita lihat juga di Banggar, apakah itu sampai di situ," tuturnya.

Tonton juga Video: Tak ada Anggaran Formula E di APBD Perubahan 2021, JakPro Wajib Cari Sponsor

[Gambas:Video 20detik]




(lir/idh)