Menanti Aba-aba Puan soal Rotasi Bambang Pacul dan Herman Herry

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 06:21 WIB
Ketua DPR Puan Maharani.
Foto: Ketua DPR Puan Maharani (dok. istimewa)
Jakarta -

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR RI merombak susunan pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD), dalam hal ini Komisi III. Fraksi PDIP DPR merotasi Herman Hery dari Ketua Komisi III. Keputusan yang cukup mengejutkan.

Kepemimpinan Herman Hery di Komisi III DPR bisa dibilang jauh dari 'suara sumbang'. Tapi fakta itu tak menjamin apa-apa. Nyatanya, Herman Hery dipindah, yakni menjadi anggota biasa di Komisi VII.

Kursi Ketua Komisi III peninggalan Herman Hery diserahkan kepada Bambang Wuryanto, politisi senior PDIP yang akrab dipanggil Bambang Pacul.

Kabar rotasi Herman Hery mencuat sehari setelah keputusan itu resmi berlaku. Ketua Fraksi PDIP DPR, Utut Adianto, mengonfirmasi kebijakan tersebut.

"Betul dipindah dari III ke VII per tanggal 16 November," kata Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto kepada wartawan Rabu (17/11/2021).

Pemindahan Herman Hery dan Bambang Pacul diklaim sebagai upaya penyegaran. Selain itu, kebijakan ini juga disebut sebagai bagian dari perjalanan karir para politisi PDIP di 'Senayan'.

"Ini tour of duty. Tour of dutybiasa," ujar Utut.

Komisi III dikenal juga sebagai 'Komisi Hukum' DPR. AKD paling tenar di DPR itu bermitra dengan sejumlah lembaga, di antaranya Kementerian Hukum dan HAM, Polri, Kejaksaan Agung, KPK serta Mahkamah Agung.

Jauh berbeda dengan Komisi VII, yang membidangi energi, riset dan teknologi. Mitra 'Komisi Energi' DPR itu di antaranya Kementerian ESDM dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Ada satu lagi lembaga, mitra Komisi VII yang mungkin saja bisa menjawab pertanyaan mengapa Herman Hery dipindah ke sana. Lembaga dimaksud adalah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Seperti diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri punya jabatan BRIN. Megawati adalah Ketua Dewan Pengarah BRIN.

Namun demikian Fraksi PDIP belum mengumumkan secara resmi perotasian Herman Hery. Pengumuman penempatan Bambang Pacul sebagai Ketua Komisi III DPR menunggu aba-aba Puan Maharani.

Simak video 'Ketua Komisi III DPR Herman Hery Digeser Jadi Anggota di Komisi VII':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.