Keluarga Tanya Di Mana Farid Okbah dkk Usai Ditangkap, Ini Kata Polri

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 08:36 WIB
Jakarta -

Tim pengacara dan keluarga Ustaz Farid Okbah, Ahmad Zain An Najah, dan Anung Al Hamat akan mendatangi Mabes Polri, Jakarta Selatan, hari ini untuk menanyakan keberadaan ketiganya. Polri menjelaskan ketiganya masih diamankan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror.

"Masih diperiksa. Ya (silakan) ke Mabes saja," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Kamis (18/11/2021).

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menuturkan Farid dkk masih diamankan untuk kepentingan penyidikan Densus. Dia menjelaskan pihak keluarga akan diberi tahu soal kondisi dan keberadaan Farid dkk pada waktunya.

"Tentunya masih diamankan oleh Densus untuk kepentingan penyidikan kasusnya. Dan pada saatnya Densus akan memberi tahu keluarga tentang keberadaan yang bersangkutan," katanya.

Sebelumnya, tim pengacara dan keluarga Farid Okbah, Zain An Najah, serta Anung Al Hamat bakal menyambangi Mabes Polri hari ini. Mereka hendak menanyakan kondisi Farid Okbah dkk setelah ditangkap Densus 88 terkait kasus dugaan terorisme.

"Agenda tim hukum Ustaz Farid, Zain An Najah, dan Anung bersama keluarga hari ini jam 10 menuju Mabes Polri untuk menanyakan keberadaan beliau," kata pengacara Farid Okbah dkk, Ismar Syafruddin, kepada wartawan, Kamis (18/11).

Tim pengacara dan keluarga Farid Okbah dkk juga bakal mengadu ke Komnas HAM. Mereka akan melaporkan soal dugaan pelanggaran HAM.

"Ke Komnas HAM melaporkan adanya pelanggaran HAM atas proses penangkapan," ujar Ismar.

Ismar sebelumnya membantah keterlibatan Farid Okbah terkait terorisme. Ismar menyebut tuduhan Farid terlibat terorisme adalah fitnah.

"Kalau menurut kami, itu semua fitnah saja itu. Kami yakin Ustaz Farid bukan seorang teroris," ujar pengacara Ustaz Farid Okbah, Ismar Syafruddin, saat dihubungi, Rabu (17/11).

(drg/aud)