Ketum Parmusi Cerita Dampingi Farid Okbah Bertemu Jokowi di Istana Tahun 2020

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 21:10 WIB
Ustaz Farid Okbah
Ustaz Farid Okbah (Dok Website PDRI)
Jakarta -

Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) sempat bertemu dengan Jokowi di Istana Merdeka. Ustaz Farid Okbah ikut dalam pertemuan itu.

"Tanggal 29 Juni 2020 ketika Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo menerima permohonan Audiensi Pengurus Pusat Parmusi di Istana Negara, saya merekomendasikan penuh UFO sebagai salah seorang dari enam Pengurus Pusat Parmusi yang diterima Bapak Presiden. Saat itu, di hadapan Bapak Presiden saya mempersilakan langsung kepada UFO untuk menyampaikan poin-poin penting kebijakan Parmusi secara nasional kepada Bapak Presiden yang berdimensi Dakwah," ujar Ketua Umum Parmusi, Usamah Hisyam, dalam keterangannya, Rabu (17/11/2021).

Usamah mengatakan saat itu audiensi ke Istana untuk menyampaikan sikap Parmusi atas usulan pencabutan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Dia menyebut saat itu Ustaz Farid senang bisa menyampaikan pandangan langsung di hadapan Jokowi.

"Sudah menjadi tradisi Parmusi terhadap semua persoalan bangsa negara bangsa ini yang harus kita kritisi kita sampaikan langsung pada kepala negara, yaitu Jokowi. Kemudian saya menulis surat, Pak Jokowi berikan kesempatan audiensi, kita sampaikan sikap Parmusi," ucapnya.

"Kalau ada apa-apa sampaikan langsung ke Presiden. Beliau senang, bayangkan masuk Istana sampaikan ke Presiden. Beliau juga menyampaikan beberapa poin, yang ada di Instagram-nya itu. Begitu keluar dari ruangan Presiden dia langsung bikin postingan Instagram itu. Dia nulis di ruang tunggu, ditulis di Istana, lantaran sebelum ini dia belum pernah bertemu Presiden," sambung Usamah.

Usamah kemudian menerangkan sosok Ustaz Farid dalam kepengurusan Parmusi. Dia menyebut, selama di Parmusi, Ustaz Farid on the track.

"Sejak itu ustaz Farid semakin militan bersama Parmusi dalam membina para dai. Oleh sebab itu, saya agak kaget, sangat kaget karena selama ini interaksi kita di Parmusi memikirkan bagaimana membangun Desa Madani. Jadi ndak pernah saya. Memang orangnya bersemangat kalau ceramah, bicara berapi-api. Walaupun kita tidak semuanya tahu kegiatan Ustaz Farid tetapi saya yakin selama berinteraksi dalam lingkup dakwah Parmusi beliau on the track," jelasnya.

Terkait kasus Ustaz Farid, Parmusi bakal menyiapkan tim pengacara untuk bantuan hukum.

"Bantuan hukum banyak tim hukum yang mau bergabung yang dibentuk keluarga, kita juga akan berikan kontribusi berupa tim pengacara muslim yang sudah terbentuk, dibentuk keluarga, ya kita secara personalnya kita akan dukung, kita sudah koordinasi mungkin kita akan kirim 5 pengacara kita. Nanti mungkin akan berembuk apa kira-kira solusi," ujarnya.

Sementara itu, dilihat di akun Instagram Farid Okbah, dia juga sempat bertemu dengan tokoh lain. Beberapa di antaranya eks Kapolri Tito Karnavian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Gubernur DKI Anies Baswedan. Foto yang paling baru diunggah adalah kebersamaannya dengan Tito dan RK.

Soal aktifnya akun medsos Ustaz Farid, polisi sudah menjelaskan dikelola oleh admin. Sedangkan alat komunikasi Ustaz Farid sudah disita.

"Akun @faridokbah_official milik Farid Ahmad Okbah dikelola oleh admin," ujar Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Aswin Siregar.

Simak video 'Farid Okbah-Zain An-Najah Ditangkap Usai Pengakuan 28 Tersangka Lain':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/fjp)