Parmusi Akui Farid Okbah Pengurus, Siapkan 5 Pengacara Beri Bantuan Hukum

Indra Komara - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 19:38 WIB
Ketum Partai Dakwah Farid Ahmad Okbah
Foto: dok ist
Jakarta -

Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) mengakui salah satu tersangka yang ditangkap Densus 88, Ustaz Farid Okbah, merupakan salah satu pengurusnya. Parmusi bakal menyiapkan tim pengacara untuk bantuan hukum.

"Bantuan hukum banyak tim hukum yang mau bergabung yang dibentuk keluarga, kita juga akan berikan kontribusi berupa tim pengacara muslim yang sudah terbentuk, dibentuk keluarga, ya kita secara personalnya kita akan dukung, kita sudah koordinasi mungkin kita akan kirim 5 pengacara kita. Nanti mungkin akan berembuk apa kira-kira solusi," ujar Ketua Umum Parmusi, Usamah Hisyam, kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

Usamah menuturkan Farid menjadi pengurus Parmusi sejak 2015. Saat itu Farid menjabat Wakil Ketua Lembaga Dakwah Parmusi. Saat ini Farid menjabat Ketua Bidang Agama Parmusi periode 2020-2025.

"Saya sangat prihatin terhadap penangkapan dan penahanan Ustaz Ahmad Farid Okbah (UFO) serta dua ulama lainnya, yakni AA dan AZ, yang dilakukan oleh Densus 88 di kawasan Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa Subuh (16/11) serta telah ditetapkan sebagai tersangka terorisme," ujarnya.

Sebelumnya, Polri menegaskan penangkapan Farid Okbah dan Ahmad Zain An Najah bukanlah bentuk kriminalisasi.

"Tindakan kepolisian yang dilakukan Densus bukan merupakan kriminalisasi terhadap siapa pun, sekali lagi saya tegaskan bahwa tindakan-tindakan yang dilakukan oleh Densus 88 Antiteror tidak ada upaya-upaya untuk melakukan kriminalisasi kepada siapa pun. Termasuk juga kegiatan yang dilakukan di Bekasi pada tanggal 16 November 2021 kemarin," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam konferensi pers di Mabes Polri.

Rusdi mengatakan aktivitas terorisme itu mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, bahkan dapat mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam menangkap para terduga teroris, Polri menegaskan hal tersebut telah melalui proses panjang.

Dia menuturkan yang dilakukan Densus dalam rangka melakukan pencegahan aksi-aksi teror di Tanah Air bisa dijaga legalitasnya.

"Upaya-upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh Densus merupakan penegakan hukum yang tegas terhadap tindakan-tindakan yang tidak bertanggung jawab dan tindakan-tindakan menebar teror di masyarakat," ujarnya.

Simak video 'Farid Okbah-Zain An-Najah Ditangkap Usai Pengakuan 28 Tersangka Lain':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/maa)