Kata Andika Perkasa soal Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Panglima TNI

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 20:42 WIB
Pelantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa
Jenderal Andika Perkasa (Foto: Agus Suparto/Biro Setpres)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjawab sejumlah isu setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Panglima TNI. Salah satu yang ditanyakan ke Andika mengenai wacana perpanjangan masa jabatan Panglima TNI. Apa kata Andika?

"Waduh itu bukan kewenangan saya itu," kata Andika kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (17/11/2021).

Saat ditanya lagi mengenai isu tersebut, Andika kembali tak menjawab gamblang. Dia meminta isu itu ditanyakan ke pihak yang lebih berwenang.

"Aduh saya nggak ini ya, tapi itu sama sekali bukan kewenangan saya. Monggo ditanyakan langsung kepada yang lebih berwenang," ujar Andika.

Jokowi juga ingin membuktikan bahwa tugas yang diberikan kepadanya akan dikerjakan dengan baik. Dia siap menjalankan arahan Presiden Jokowi.

"Ya pokoknya saya ingin membuktikan bahwa kepercayaan yang diberikan kepada saya bisa saya penuhi. Saya akan lakukan tugas saya semaksimal mungkin dengan sisa waktu ini karena saya yakin saya bisa melakukan tugas tugas yang diberikan presiden maupun tugas pokok yang menjadi tugas kami sesuai dengan mandat undang-undang," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Abdul Kharis Almasyhari mengungkap, dengan adanya wacana revisi UU terkait masa pensiun perwira TNI, bisa saja Jenderal Andika Perkasa menjabat Panglima TNI sampai 2024. Kharis mengatakan revisi itu usulan pemerintah tapi belum diusulkan ke DPR.

"Ya kan selama ini mau direvisi, cuma belum mulai karena ini usulan dari pemerintah," kata Kharis kepada wartawan, Senin (8/11).

Kharis pribadi berpandangan masa jabatan perwira TNI harus diperpanjang, mulai perwira menengah hingga perwira tinggi.

"Saya sih melihat harus diperpanjang, saya nggak tahu perpanjangannya apakah perpanjangan khusus tiga, apakah perpanjangan masa kerja perwira-perwira tinggi," katanya.

"Karena tantangan tamtama kan naik jadi 58. Nah, kalau tamtama dan bintara, masa perwira tinggi nggak naik juga, kalau naik dua tahun kira-kira sampai (usia) 60," lanjut Kharis.

Dengan adanya wacana itu, Kharis memprediksi Andika Perkasa akan menjabat Panglima TNI sampai 2024.

"Spekulasi saya seperti itu, saya tidak ngomong diperpanjang atas nama Andika sendiri atau apa yang jelas saya punya keyakinan akan sampai umur 60. Dan kalau 60, itu artinya sampai 2024," katanya.

Simak video 'Jenderal Andika Jadi Panglima TNI: Kehormatan Besar Bagi Saya & Keluarga':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)