Pangkostrad Baru Segera Ditentukan Usai Dudung Jadi KSAD, Siapa Sosoknya?

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 18:10 WIB
Pangkostrad baru akan segera ditentukan. Posisi Pangkostrad baru saja ditinggalkan Dudung Abdurachman.
Pangkostrad Baru Segera Ditentukan Usai Dudung Jadi KSAD (Pelantikan Jenderal Dudung jadi KSAD / Foto: Agus Suparto/Biro Setpres)
Jakarta -

Pangkostrad baru akan segera ditentukan. Posisi Pangkostrad baru saja ditinggalkan Dudung Abdurachman, yang dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). Dudung dilantik sebagai KSAD menggantikan Jenderal Andika Perkasa, yang juga dilantik pada hari ini menjadi Panglima TNI.

"Kedua, mengangkat Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," kata Sekretaris Militer Presiden Marsma TNI Tonny Harjono membacakan Kepres yang diteken Jokowi.

Selain itu, Dudung dinaikkan pangkatnya menjadi jenderal bintang empat. Dudung sebelumnya menjabat sebagai Pangkostrad.

Simak informasi berikut ini mengenai Pangkostrad baru yang segera ditentukan.

Pangkostrad Baru: Belum Ada Keputusan

Sebelumnya, Dudung sempat menjabat Pangkostrad. Dudung menduduki jabatan Pangkostrad sejak 25 Mei 2021.

Pelantikan Jenderal Dudung Abdurachman sebagai KSAD membuat posisi Pangkostrad saat ini kosong. Dudung mengatakan sampai saat ini belum ada keputusan mengenai siapa yang akan menjadi Pangkostrad baru.

"Penggantinya sampai sekarang belum," ujar Dudung kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Pangkostrad Baru Segera Dilaporkan

Dudung berencana melaporkan posisi Pangkostrad baru ke Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Hal itu juga akan dilaporkan kepada Jokowi.

"Nanti akan kami laporkan kepada Panglima TNI dan nanti akan dilaporkan kepada Bapak Presiden," ujar Dudung.

Setelah mengetahui informasi mengenai Pangkostrad baru yang belum ada keputusannya, simak informasi lainnya berikut ini mengenai pelantikan Dudung sebagai KSAD.

Pelantikan Dudung Sebagai KSAD

Pelantikan Dudung dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden No 107/TNI/Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat. Wakil Presiden Ma'ruf Amin hingga Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri turut hadir dalam acara pelantikan tersebut.

"Menetapkan kesatu, memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat disertai dengan ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut. Kedua, mengangkat Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," kata Sekretaris Militer Presiden Marsma TNI Tonny Harjono membacakan Kepres yang diteken Jokowi.

Dudung kemudian mengambil sumpah jabatan sebagai KSAD. Sumpah jabatan itu dipimpin Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Letjen Dudung.

Informasi mengenai sosok Pangkostrad baru kini masih dinanti. Di halaman berikutnya, ada kabar mengenai langkah yang akan diambil Jenderal Dudung sebagai KSAD.

Simak video 'Jenderal Dudung Ungkap Pesan dari Jokowi Usai Dilantik Jadi KSAD':

[Gambas:Video 20detik]