AHY Ajak Seluruh Kader Demokrat Doakan Max Sopacua

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 12:07 WIB
Jakarta -

Mantan petinggi Partai Demokrat, Max Sopacua, meninggal dunia tadi pagi di RSPAD Jakarta. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berdukacita.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut belasungkawa atas wafatnya Bapak Max Sopacua," kata AHY kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

AHY mendapat kabar meninggalnya Max Sopacua dari putri almarhum. AHY mengajak seluruh keluarga besar Demokrat mendoakan Max Sopacua.

"Hari ini saya mendapat kabar duka tersebut dari putri almarhum. Saya mengajak keluarga besar Partai Demokrat untuk kirim doa, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT," kata AHY.

AHY juga mendoakan yang terbaik untuk keluarga Max Sopacua. "Keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan," ujar AHY.

Bantu Ambulans

Anak Max Sopacua, Ferro Sopacua, menyebut rumah duka almarhum ayahnya berada di Jalan Veteran Gang Kepatihan Nomor 6 di Bogor. Saat ini keluarga bersiap membawa jenazah Max Sopacua dari RSPAD.

"Ini kita lagi mau dimasukin ke mobil. Sudah (mau diberangkatkan ke rumah duka)," kata Ferro saat dihubungi, Rabu (17/11).

Ferro kemudian mengungkapkan bantuan yang diberikan AHY untuk keluarga Max Sopacua. Ambulans yang membawa jenazah Max Sopacua ke Bogor dan ke makam nantinya merupakan ambulans dari DPP Demokrat atas perintah AHY.

"Ayah saya akan diberangkatkan dari RSPAD ke Bogor dan juga dari rumah duka ke makam mempergunakan ambulans dari DPP. Dikirim oleh Pak Ketum langsung," kata Ferro. Ferro juga mengungkapkan sudah ada pesan WA dari AHY.

Profil Max Sopacua

Dilihat dari buku 'Profil dan Anggota DPR RI 2004-2009', Max lahir di Ambon, 2 Maret 1946. Dia menikah dengan Tuti Irwatie dan dikaruniai tiga orang anak.

Max pernah bekerja sebagai penyiar berita di TVRI sejak 1985 hingga 2002. Dia lebih berfokus sebagai penyiar di bidang olahraga, seperti Produser Olimpiade Soul 1988, Produser Piala Dunia USA 1994, dan Produser Puala Dunia Prancis 1998.