Pemotor Nyelonong Masuk Tol Semanggi Kena Tilang, Motor Ditahan Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 10:33 WIB
Penampakan motor yang tertangkap masuk Tol Semanggi 1 Jakarta
Penampakan motor yang tertangkap masuk Tol Semanggi 1 Jakarta (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pengendara motor yang disetop karena masuk Jalan Tol Semanggi 1 ditilang polisi. Motor pengendara tersebut ditahan polisi.

"Kendaraan roda dua, masih ditahan di Induk Jaya 1," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dihubungi, Rabu (17/11/2021).

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (16/11) sore. Dari keterangan awal, pemotor mengaku masuk ke jalan tol dari Pintu Tol Cikupa.

Saat disetop polisi, pengendara motor tersebut juga kedapatan tidak memakai helm. Sedangkan surat-surat kendaraan lengkap.

Untuk diketahui, motor dilarang melintasi jalan tol. Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 Pasal 38 ayat (1).

Berikut ini bunyi Pasal 38 ayat (1):

"Jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih."

Sanksi atas pelanggaran tersebut tertuang dalam Pasal 63 ayat (6) Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Berikut ini bunyi pasal tersebut:

"Setiap orang selain pengguna jalan tol dan petugas jalan tol yang dengan sengaja memasuki jalan tol sebagaimana dimaksud dalam Pasal 56, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 14 (empat belas) hari atau denda paling banyak Rp 3.000.000,00 (tiga juta rupiah)."

Sementara itu, sanksi atas pelanggaran tersebut juga diatur dalam Pasal 287 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Berikut ini bunyi pasal tersebut:

"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas atau Marka Jalan dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000."

Lihat juga Video: Terekam CCTV! Tabrak Lari Tewaskan Pemotor di Tasikmalaya

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)