ADVERTISEMENT

Chatbot Whatsapp PeduliLindungi Bisa Untuk Apa Saja? Simak Informasinya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 18:30 WIB
Chatbot Whatsapp PeduliLindungi Bisa Untuk Apa Saja? Simak Informasinya
Chatbot Whatsapp PeduliLindungi Bisa Untuk Apa Saja? Simak Informasinya (Foto: Agus Tri Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Chatbot whatsapp PeduliLindungi kini hadir untuk mengatasi sertifikat vaksin yang bermasalah. Munculnya fitur ini karena banyak aduan masyarakat yang belum direspon oleh pihak PeduliLindungi.

Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kunta Wibawa Dasa Nugraha menyebutkan, selama ini pengaduan hanya melalui email sertifikat@pedulilindungi.id dan Call Center 199. Sebelum chatbot whatsapp PeduliLindungi hadir, dia mengklaim rata-rata aduan melalui email per minggunya lebih dari 134.000, sementara melalui Call Center berkisar 80.000.

Oleh sebab itu, Kemenkes terus memperbaiki fitur dan layanan PeduliLindungi. Melalui chatbot whatsapp PeduliLindungi, Kemenkes bakal merespon cepat aduan masyarakat terkait sertifikat vaksin yang tidak muncul karena salah menyesuaikan data, seperti nama dan nomor HP.

Untuk mengetahui layanan chatbot whatsapp PeduliLindung, detikcom sudah merangkumnya dari situs Kemenkes. Mari simak penjelasan di bawah hingga tuntas.

Chatbot Whatsapp PeduliLindungi: Hubungi Nomor Berikut

Untuk mengatasi permasalahan sertifikat vaksin, kamu bisa menghubungi chatbot whatsapp PeduliLindungi melalui nomor 081110500567. Saat mengaksesnya, kamu diminta memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi, serta kode OTP yang dikirimkan.

Setelah itu, kamu bisa mencoba fitur yang disediakan yaitu:

  • download sertifikat vaksin COVID-19
  • status vaksinasi
  • ubah info diri

"Kemkes RI menghadirkan layanan chatbot PeduliLindungi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat, status vaksinasi, dan perbaikan info diri," katanya pada konferensi pers Peluncuran Chatbot Whatsapp PeduliLindungi secara virtual di Jakarta.

Chatbot Whatsapp PeduliLindungi: Tersedia 3 Fitur Utama

Masyarakat yang belum mendapat sertifikat vaksin atau terkendala dalam mengaksesnya, bisa memilih menu 'Download Sertifikat.' Sedangkan pengecekan status vaksinasi juga dapat dilakukan melalui menu status vaksinasi. Lalu bagaimana dengan menu 'Ubah Info Diri,'? Menu ini dikhususkan bagi masyarakat yang hendak mengubah data pribadi agar sesuai dengan KTP dan nomor telepon yang terdaftar di aplikasi PeduliLindungi.

Informasi lainnya soal Chatbot Whatsapp PeduliLindungi di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT