ADVERTISEMENT

Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi Apa Saja? Cek di Sini!

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 19:26 WIB
Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi Apa Saja? Cek di Sini!
Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi Apa Saja? Cek di Sini! -- ilustrasi (Foto: Dok.detikcom)
Jakarta -

Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi banyak yang belum diketahui masyarakat. Selain untuk cek sertifikat vaksin, sebenarnya masih banyak kegunaan PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi merupakan platform rancangan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN dan digunakan oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas COVID-19 di masa pandemi COVID-19. Saat ini aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu syarat untuk melakukan kegiatan di tempat umum.

Dalam masa PPKM saat ini sangat penting untuk selalu membawa sertifikat vaksin saat melakukan kegiatan di tempat umum. Hal ini dikarenakan beberapa tempat-tempat umum mewajibkan pengunjung untuk melakukan vaksinasi sebagai syaratnya.

Simak informasi di bawah ini mengenai kegunaan aplikasi PeduliLindungi yang sudah kami rangkum.

Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi: Layanan e-HAC

Dilansir dari situs resmi Kemenkes, e-HAC atau i Electronic - Health Alert Card diartikan sebagai Kartu Kewaspadaan Kesehatan. Layanan e-HAC dapat dimanfaatkan untuk keperluan bepergian dengan transportasi umum, baik darat, laut, maupun udara.

Sebelumnya sistem e-HAC merupakan aplikasi tersendiri yang tersedia di google play atau Play Store. Namun saat ini sudah digantikan di dalam layanan aplikasi PeduliLindungi.

Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi: Paspor Digital

Selain itu, aplikasi PeduliLindingi juga dapat digunakan untuk paspor digital. Paspor digital memuat data sertifikat vaksin dan hasil tes COVID-19 di aplikasi secara otomatis.

Masyarakat yang telah menerima dosis vaksin COVID-19 lengkap akan mendapatkan masing-masing dua sertifikat secara terpisah. Sementara itu, jika kamu baru melakukan tes antigen maupun PCR, maka data hasil tes COVID-19 akan tercantum juga di aplikasi PeduliLindungi.

Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi: Notifikasi Zona Risiko-Fitur Pengawasan dan Pelacakan

Kegunaan aplikasi PeduliLindungi lainnya adalah notifikasi zona risiko. Jika sudah mendaftarkan diri di aplikasi ini, kamu dapat mengetahui informasi zona risiko di sekitarnya dengan mengaktifkan fitur lokasi di ponsel masing-masing.

Aplikasi PeduliLindungi juga bermanfaat untuk melakukan pelacakan data lokasi secara digital. Hal ini diperlukan untuk keperluan tracing COVID-19.

Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi: Statistik Kasus COVID-19

Aplikasi PeduliLindungi juga memuat data kasus COVID-19 di lokasi sekitar kita.

Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi: Teledokter

Fitur teledokter juga terdapat di aplikasi PeduliLindungi. Fitur ini dapat digunakan untuk melakukan pengecekan layanan konsultasi kesehatan secara daring yang tersedia di sekitar lokasi pengguna.

Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi juga dapat dilihat di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT